Dishub Kalteng Berkerja Sama dengan BPTB Kelas II Selenggarakan Mudik Gratis

IST/BERITASAMPIT - Tangkapan layar pamplate program mudik gratis.

PALANGKA RAYA – Dalam rangka mendukung kelancaran perjalanan mudik lebaran tahun 1445 Hijriah.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Kalteng serta mitra terkait dalam hal ini PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalteng, Bank Kalteng, DPD Organda Kalteng, PO Yessoe Travel, PO Logos dan PO Agung Mulia, menyelenggarakan program Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 H.

Program ini menyediakan layanan mudik gratis dengan rute yang meliputi Palangka Raya-Banjarmasin, Palangka Raya-Pangkalan Bun, Palangka Raya-Sampit, dan Palangka Raya-Bahaur.

Tempat pendaftaran tersedia di aplikasi mobile “Mitra Darat” untuk tujuan Pangkalan Bun dan Banjarmasin mulai tanggal 6 Maret hingga 13 April 2024 dengan kuota 308 orang/pnp. Sementara untuk tujuan Bahaur, pendaftaran dapat dilakukan di loket Damri Jl. Tjilik Riwut kilometer 02 mulai 28 Maret hingga 6 April 2024 sedangkan untuk tujuan Sampit, pendaftaran dapat dilakukan di loket PO Airgan, Jl. Adonis Samad dalam periode yang sama dengan kuota 140 orang/pnp.

Kepala Dishub Kalteng, Yulindra Dedy menyampaikan kegiatan ini seperti pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara mandiri bekerja sama dengan mitra, akan tetapi hal tersebut menjadi evaluasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

BACA JUGA:   PPKHI Kalteng Turut Menyoroti Kasus Dugaan Malapraktik, Sebutkan Hukuman Terberat Hingga Siap Bantu Korban

“Kita bersyukur untuk tujuan Banjarmasin dan Pangkalan Bun merupakan rute mudik gratis yang masuk dalam 33 kota tujuan arus mudik gratis nasional dan satu-satunya di Pulau Kalimantan, sehingga melihat antusiasme masyarakat yang tinggi bersama mitra kita juga menambahkan rute Bahaur dan Sampit,” ujar Yulindra Dedy.

Selain itu, Yulindra Dedy menyampaikan berdasarkan hasil rapat terakhir dengan Dishub Kalteng juga akan melaksanakan Mudik Gratis Idul Fitri 1445 H/2024 khusus untuk mahasiswa Kalteng dengan tiga rute tujuan yaitu rute satu Katingan, Kotawaringin Timur, Seruyan, Lamandau dan Sukamara.

Rute dua yaitu Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya dan rute tiga yaitu Pulang Pisau, Gunung Mas dan Kapuas. Adapun informasi pendaftaran dapat melalui laman https://bit.ly/MudikGratisMahasiswaDisdik paling lambat 4 April 2024 dengan kouta 148 orang/pnp.

Sementara itu, Kepala BPTD Kelas II Kalteng M Andi Rahmatullah menegaskan bahwa keselamatan adalah prioritas utama masyarakat, sehingga penggunaan transportasi terutama roda dua diminimalisir agar menekan angka kecelakaan akibat kelelahan dalam perjalanan jarak jauh.

BACA JUGA:   Kalteng Masuk 10 Besar Inflasi Terendah

“Jadi program mudik gratis ini adalah dalam rangka mengurangi tingkat kecelakaan, khususnya untuk angkutan sepeda motor dan mengurangi kemacetan lalu lintas, serta mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan angkutan umum saat melakukan perjalanan mudik,” beber M Andi Rahmatullah.

M Andi Rahmatullah menjelaskan perjalanan mudik yang aman dan nyaman dimulai dengan persiapan yang matang, kepatuhan pada aturan lalu lintas, istirahat yang cukup, penggunaan sabuk pengaman, menghindari penggunaan ponsel saat mengemudi, selalu menjaga kewaspadaan selama perjalanan dan update terkait jadwal keberangkatan dan rencana kepulangan pada tiap simpul transportasi.

“Dengan kolaborasi yang dilaksanakan pemerintah, diharapkan momen Lebaran tahun ini dapat dirayakan dengan aman, damai, nyaman dan penuh keberkahan bagi semua agar tercipta Mudik Ceria Penuh Makna Kalteng Semakin Berkah,” pungkas M Andi Rahmatullah.

Adapun pelepasan rangkaian Mudik Gratis akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2024 pukul 10.00 WIB bertempat di Terminal WA Gara Palangka Raya yang direncanakan akan dilepas secara langsung oleh Gubernur Kalteng.

(Sya’ban)