Balai Pemasyarakatan Pangkalan Bun Lakukan Litmas ke 20 Warga Binaan Lapas Sukamara

IST BERITASAMPIT - Kegiatan Litmas yang dilakukan Bapas Pangkalan Bun kepada 20 warga binaan Lapas Sukamara.

SUKAMARA – Kepala Lapas Kelas III Sukamara Joko Prayitno melalui Kepala Sub Seksi Pembinaan Lapas Sukamara, Ciwogalatia mengatakan bahwa Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pangkalan Bun melakukan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) yang berfokus pada 20 orang Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara.

Ciwogalatia menerangkan jika penelitian tersebut bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan dan kondisi sosial para Warga Binaan Pemasyarakatan.

BACA JUGA:   Sejumlah Kasus Penjarahan Sawit Perkebunan di Kotim Dilaporkan ke Polisi

“Penelitian Kemasyarakatan adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk kepentingan Pelayanan Tahanan atau Anak, Pembinaan Narapidana atau Anak Binaan dan Pembimbingan Kemasyarakatan Klien,” terang Ciwogalatia, Rabu 6 Maret 2024.

Menurutnya, pentingnya melakukan pendekatan secara sosial dari para Warga Binaan melalui penelitian kemasyarakatan seperti yang dilakukan oleh jajaran Bapas Pangkalan Bun ini.

BACA JUGA:   Diskeptan Sukamara Kembali Gelar Pasar Penyeimbang

“Kita perlu memahami latar belakang hingga kehidupan sosial Warga Binaan Pemasyarakatan, dengan melakukan pendekatan hingga mengetahui kehidupan mereka secara mendalam,” ucap Ciwogalatia.

“Karena dengan kita dapat merancang program-program yang lebih efektif untuk membantu mereka berubah menjadi warga masyarakat yang lebih baik lagi kedepannya,” tukas Ciwogalatia. (enn)