Panitia PKL 1 FEBI IAIN Palangka Raya Berikan Pembekalan untuk Mahasiswa ESY

SYA'BAN/BERITASAMPIT - Ketua Program Studi (Kaprodi) Ekonomi Syariah, Wahyu Akbar saat memberikan pembekalan kepada mahasiswa ESY.

PALANGKA RAYA – Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam (FEBI) Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, berikan pembekalan untuk mahasiswa Program Studi, Ekonomi Syariah (ESY) semester enam sebelum melakukan PKL atau Praktik Kerja Lapangan 1, di Aula Asmaul Husna, Rabu 4 Maret 2024.

Panitia PKL 1, Wahyu Akbar mengatakan jumlah mahasiswa yang mendaftar PKL 1 sebanyak kurang lebih 170 orang, diantaranya 123 orang memilih PKL di perkantoran dan 50 orang memilih PKL di bisnis.

“Bagi yang memilih PKL di perkantoran harus bisa menggunakan aplikasi seperti excel dan word, jangan sampai ada yang tidak bisa menggunakan aplikasi itu dan untuk yang memilih bisnis mulai sekarang belajar terkait pemasaran dan promosi UMKM,” kata Wahyu.

BACA JUGA:   Ini Pencapaian Demokrat Pada Pileg 2024, DPRD Kabupaten/Kota Turun Satu Kursi

Dirinya menjelaskan untuk yang memilih perkantoran nanti ada tutor yang menemani dari awal sampai akhir, ditambah akan ada materi dan untuk yang memilih bisnis tidak ada seorang tutor namun nanti dijelaskan terkait dengan melakukan sebuah bisnis.

“Untuk PKL 1 fokusnya kepada pelatihan seperti pemasaran, promosi dan penggunaan aplikasi untuk menunjang di PKL 2 nanti,” ujar Kaprodi ESY itu.

Lebih lanjut, Wahyu menyampaikan PKL 2 nanti mahasiswa dibebaskan untuk memilih sendiri perusahan atau lembaganya, tidak diperkenankan untuk memilih toko sembako keluarga, bisa nanti seperti halnya kerajinan, pusat oleh-oleh karna itu bisa membantu branding produk-produk lokal.

BACA JUGA:   Flamboyan Bawah Palangka Raya Banjir, Warga Harapkan Bantuan dari Pemerintah

“PKL 2 nanti lebih membebaskan dari pada minat dan hal apa yang disukai mahasiswa sekalian hal itu membantu untuk bekerja nanti,” jelasnya.

Kaprodi ESY berharap mahasiswa ESY bisa serius dalam PKL 1 dan PKL 2 nanti, diharapkan bisa menajadi bekal jika kelak bekerja di sebuah perusahaan dan lembaga yang diminati, “Banyak kakak tingkat (kating) kalian yang ditarik untuk bekerja saat melakukan PKL, jadi magang sebagai uji cobanya setelah magang langsung bekerja,” imbuhnya.

(Sya’ban)