Sejumlah Nama Dinilai Berpeluang Sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Kotim

IST/BERITASAMPIT - Sejumlah nama dinilai punya peluang menjadi kandidat kuat Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 November 2024 mendatang.

SAMPIT – Sejumlah nama dinilai punya peluang menjadi kandidat kuat Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 November 2024 mendatang.

Sejumlah nama berhasil dihimpun Berita Sampit dari elektabilitas hingga potensi para bakal calon ini yang punya peluang, diantaranya petahana Wakil Bupati Irawati juga masih bisa kembali berpasangan dengan Halikinnor jika PDIP merekomendasikan keduanya.

Parimus, politisi PDIP, pernah jadi wakil Ketua DPRD Kotim, pernah menjadi Ketua DPC Demokrat dan juga empat periode jadi anggota dewan, serta dikenal sebagai pengusaha juga punya peluang.

Kemudian anggota DPRD yang berhasil empat periode seperti Dadang H Syamsu dari PAN, merupakan tokoh kuat dan sudah dikenal masyarakat.

Selain itu ada nama Syahbana dari Nasdem, anggota dewan tiga periode pernah menang di di Daerah Pemilihan (dapil) 4 dan 2.

Juliansyah (Ketua Gerindra), anggota DPRD Kotawaringin Timur dua periode, merupakan Ketua DPC Gerindra, merupakan momen pas ketika Calon Presiden dari Gerindra Prabowo Subianto, juga meraih suara tertinggi Pemilu 2024 ini.

BACA JUGA:   Tokoh Muda ini Siap Bertarung di Pilkada Kotim

Rinie Anderson, politisi PDIP, saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD, dan sebagai anggota dewan dua periode.

Kemudian masih dari kalangan DPRD, Modika Latifah Munawarah politisi PDIP, menjabat dua periode anggota Dewan, merupakan putri mantan Bupati Kotim Supian Hadi.

Selanjutnya nama politisi PKB, Marudin, yang berhasil meraih dua periode sebagai anggota dewan.

Nama selanjutnya Ahyar politisi PDIP, berhasil meraih suara tinggi di Pemilu 2024, dan akan duduk di DPRD Kotim, dikenal luas sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotim dan sebagai pengusaha.

H Suprianto (Ketua PKS), anggota dewan dua periode, berhasil menambah dua kursi DPRD Kotim untuk PKS dalam Pemilu 2024 ini.

Paisal Darmasing, Politisi muda PDIP, saat ini menjadi anggota DPRD Kotim dan sebagai pengusaha.

Sosok Ketua Partai Golkar Zam’an, dikenal juga sebagai pengusaha juga punya peluang.

Politisi Golkar, Sinar Kamala, Anggota DPRD Kalteng dan juga mantan Anggota DPRD Kotim

BACA JUGA:   Warga Muhammadiyah di Sampit Mulai Salat Tarawih Malam Ini

Politisi PAN M Yadi Mu’at berporfesi sebagai pengusaha, tokoh muda dan jurnalis, juga merupakan calon kuat.

Kemudian dari kalangan birokrat ada Sekretaris Daerah Kotim Fajrurrahman yang sebentar lagi pensiun, ia merupakan mantan Kadis Pertambangan dan Energi, mantan Kadis Pariwisata, dinilai akan menjadi sosok kuat jika terjun ke politik.

Nama selanjutnya yaitu Siyono saat ini merupakan Camat Parenggean, berpeluang besar jika dirinya terjun ke politik.

Sosok Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Macmoer, juga dinilai kuat menjadi bakal calon wakil Bupati Kotim, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Marudin saat dikonfirmasi terkait namanya digadang-gadang sebagai calon wakil bupati menyebut semuanya tergantung dari partainya.

“Jika Partai merekomendasikan saya, kami siap untuk maju, kita lihat nanti bagaimana peta politiknya,” tukasnya.

Senada yang diungkapkan oleh Yadi, menyatakan siap jika memang partainya merekomendasikannya untuk maju.

“Kalau partai menugaskan, sebagai kader kita akan tunduk dan patuh untuk mengikutinya,” tegasnya.

(Nardi)