Warga Muhammadiyah di Sampit Mulai Salat Tarawih Malam Ini

JIMMY/BERITASAMPIT - Suasana salat tarawih di Masjid Al Muhajirin Sampit.

SAMPIT – Warga Pesyarikatan Muhammadiyah di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur mulai melaksanakan salat tarawih malam ini untuk menyambut 1 Ramadan 1445 H yang jatuh pada Senin 11 Maret 2024.

Hal itu dilakukan lantaran pihaknya mengikuti maklumat dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sudah menetapkan 1 Ramadan 1445 H.

Terpantau di Masjid Al Muhajirin, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan MB Ketapang ratusan warga Muhammadiyah memenuhi shaf salat yang berjajar di dalam masjid.

“Malam ini kami warga Muhammadiyah menggelar salat tarawih, dan besok kami sudah puasa,” kata Nonot warga Pesyarikatan Muhammadiyah di Sampit, Minggu 10 Maret 2024.

BACA JUGA:   Dishub Kotim: Traffic Light Bermasalah di Kota Sampit Akan Diperbaiki Tahun Ini

Sekitar pukul 19.41 WIB warga tampak datang bersama anggota keluarganya, mereka juga turut membawa anaknya untuk mengikuti tarawih di masjid tersebut.

Selain itu terpantau juga di Masjid Al Mukhlisin Jalan Ki Hajar Dewantara menggelar salat tarawih, juga di Masjid Shirotol Mustaqim di Jalan RA Kartini Sampit.

Sementara, PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H pada Senin 11 Maret 2024. Dikutip dari laman resminya, keputusan tersebut dilakukan dengan metode hisab Wujudul Hilal Hakiki.

Penetapan 1 Ramadhan 1445 H telah tertuang dalam Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2024. Maklumat ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti pada 12 Januari 2024.

BACA JUGA:   Mahalnya Tarif Parkir di Pelabuhan Sei Ijum Dikeluhkan Warga

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan bahwa pada Ahad 10 Maret 2024, bulan sudah berada di atas ufuk (hilal sudah wujud) di wilayah Indonesia, kecuali di Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

“Berdasarkan hasil hisab tersebut maka Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin Pahing, 11 Maret 2024 M,” tulis keterangan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada maklumat yang dirilis pada tanggal 29 Desember 2023.

(Jimmy)