Baru Dua Bulan Bertugas, Jumlah Kegiatan Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Mencapai Record Tertinggi

IST/BERITA SAMPIT - Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman, Bersama Pj.Bupati Kobar H.Budi Santosa, saat menjemput Piala Adipura yang Ke XIII di Bandara Iskandar kemarin.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Senior – beritasampit.com)

Semua pimpinan yang baru bertugas disalah satu daerah Kabupaten dan Kota,  diam-diam sering mendapat penilian baik dari pihak independen atau kelompok masyarakat. Penilaian tersebut terkait dengan kegiatan tugas kerjanya.

Seperti halnya Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman, yang awal bertugas di Wilayah Hukum Polres Kobar sejak 2 Januari 2024 sampai sekarang awal Maret 2024 atau sekitar 2 bulan lebih. Namun jumlah kegiatan tugas kerjanya telah mencapai record tertinggi dari Kapolres Kobar yang terdahulu.

Hal tersebut terungkap oleh penulis dari kalangan jurnalis anggota PWI Kobar yang 100 persen sudah memiliki sertivikasi Uji Kompentensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers Pusat Jakarta, dan juga dari jajaran Polres Kobar itu sendiri, bahwa selama 2 bulan lebih para jurnalis baik melalui media online maupun media cetak dan telektronik telah mencatat jumlah berita kegiatan Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman, sampai berkisar 180 berita itu diluar acara formal, seperti baru-baru ini Polres Kobar telah menggelar  Apel Operasi Keselamatan Telabang 2024.

“Kalau selama 2 bulan para awak media memberitakan berbagai kegiatan kerja Kapolres AKBP Yusfandi Usman , jumlah beritanya mencapai 180 berita, itu merupakan record tertinggi, dari semua Kapolres Kobar yang terdahulu,“ kata sejumlah jurnalis.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Penulis pun  tidak ketinggalan aktif pula memberitakan giat Kapolres AKBP Yusfandi Usman, dengan jumlah 175 berita di media online beritasampit.com, yang jaringan pembacanya telah mendunia.

Melihat fenomena tugas karja Kapolres Kobar AKBP Yuspandi Usman yang jumlahnya telah mencapai record tertinggi, pengamatan penulis tentunya merupakan salah satu bukti/fakta bahwa di institusi POLRI sudah mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Dimana, Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan arahan dan isntruksi Kapolri melalui Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto.

Seperti telah disiarkan melalui situs resmi Divisi Humas Polri, 29 Februari 2024, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo  dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Polri Tahun 2024 di Hotel The Tribata Dharmawangsa Jakarta telah menyampaikan 8 poin, kepada jajarannya, yakni;

  1. Terus tingkatkan semangat dan pengabdian untuk menjawab harapan masyarakat, serta senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjaga garda terdepan dalam menjaga stabilitas kamtibmas.
  2. Dukung penuh RKP 2024 dan terus berkontribusi dalam mengamankan seluruh agenda pemerintah dan kegiatan masyarakat, sehingga transformasi ekonomi dapat berjalan dengan baik demi mewujudkan Visi Indonesia Emaa 2045.
  3. Terus jaga kawal dan pastikan proses demokrasi berjalan aman, lancar, sejuk, dan damai dengan mengoptimalkan kegiatan cooling system serta memantapkan strategi komunikasi publik untuk mencegah krisis dan melakukan klarifikasi disinformasi.
  4. Jaga ketersediaan dan stabilitas harga bapokting serta persiapkan langkah, antisipasi kerawanan pada bulan suci Ramdhan dan pengamanan mudik lebaran Idul Fitri.
  5. Jaga stabilitas kamtibmas di Papua dan berikan dukungan terhadap pembangunan di Daerah Operasional Baru (DOB).
  6. Terus lakukan monitoring dan kajian hukum terhadap perkembangan RUU dalam prolegnas yang berkaitan dengan Tupoksi Polri.
  7. Laksanakan seluruh program yang terdapat dalam Beyond Trust Presisi TW I-2024 dan perkuat nilai-nilai Polri yang Presisi untuk mewujudkan Polri yang tegas, humanis, dan merakyat.
  8. Tingkatkan soliditas internal dan sinergitas dengan TNI stakeholder terkait serta jadilah pemimpin yang dapat dibanggakan.
BACA JUGA:   Kepala SMAN 2 Kumai Drs. Ridwan Sebut 45 Siswanya Dipersiapkan Mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024

Maka dengan 8 arahan Kapolrri itulah, Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman saat awal kedatangannya ke Bumi Mrunting Batu Aji, secara maraton dan tidak mengenal Lelah melakukan berbagai kegiatannya mulai dari berkunjuhng ke Pondok Pesantren, Rumah kediaman semua Tokoh Agama, Paguyuban, dan lainnya.

Yang jelas pada awal kenal dengan Kapolres Kobar sejak tahun 1975 sampai sekarang, pengamatan penulis jujur saja mengatakan baru Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman, yang benar-benar aktif melaksanakan apa yang diiinstruksikan Kapolri melalui Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto. SEMOA. ***