Pj Bupati Seruyan Terima Sertifikat Bebas Frambusia dari Kemenkes

IST/BERITASAMPIT - Penjabat (Pj) Bupati Seruyan Djainuddin (tengah) Noor saat menerima sertifikat bebas Frambusia dari Kemenkes.

JAKARTA – Kabupaten Seruyan menjadi salah satu dari 99 kabupaten/kota di Indonesia yang dinyatakan bebas Frambusia.

Bebasnya kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hatantiring dari penyakit ini ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Rabu 6 Maret 2024 dalam acara Hari NTD (Neglected Tropical Diseases) sedunia, yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Penjabat (Pj) Bupati Seruyan Djainuddin Noor menghadiri peringatan Hari Neglected Tropical Diseases (NTD) sedunia.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Tinjau Kegiatan Pasar Murah di Kelurahan Kuala Pembuang II

Kabupaten Seruyan menjadi salah satu dari 99 kabupaten/kota di Indonesia yang dinyatakan bebas Frambusia. Sertifikat diterima langsung oleh Pj Bupati Seruyan Djainuddin Noor dari Kementerian Kesehatan.

Pj Bupati menyampaikan bahwa penghargaan ini didapat atas kerjasama seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Seruyan, yang telah melakukan surveilan, menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya kasus baru Frambusia.

“Serta telah dilakukan kegiatan kewaspadaan dini dan respon kasus baru Frambusia, untuk itu diharapkan ke depan Seruyan bisa mempertahankan status bebas Frambusia ini,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Ikuti Rakor Inflasi Mingguan

Pada kesempatan itu jiga Bupati dan Walikota dari 99 kabupaten/kota menyatakan komitmen bersama dengan sepenuh hati dan sungguh sungguh untuk tetap menggerakkan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan kolaborasi, kerjasama dan tetap berkomitmen dalam mempertahankan pelaporan nol kasus frambusia di kabupaten/kota yang merupakan wilayah kerja demi tercapainya Indonesia bebas Frambusia paling lambat tahun 2027.

(ASY)