Pj Bupati Seruyan Ikuti Rakor Inflasi Mingguan

IST/BERITASAMPIT - Pj Bupati Seruyan Djainuddin Noor didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertaninan (DKPP) Kabupaten Seruyan Albidinnor saat mengikuti rapat inflasi.

KUALA PEMBUANG – Penjabat (Pj) Bupati Seruyan Djainuddin Noor bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Seruyan, melalui zoom meeting mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Mingguan, di Aula Kantor Bupati Seruyan, Rabu 13 Maret 2024.

Tujuan rapat koordinasi ini adalah untuk membahas langkah kongkrit pengendalian inflasi di daerah, Selain itu rakor ini merupakan evaluasi setiap waktu yang dilaksanakan oleh Kemendagri dalam rangka mengkoordinasikan penanganan inflasi di daerah.

BACA JUGA:   PWI Seruyan dan Insan Pers Buka Puasa Bersama Mitra Kerja

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap minggunya dalam rangka evaluasi, mendengarkan arahan, dan intervensi pemerintah pusat terkait inflasi di seluruh daerah Indonesia,” kata Djainuddin.

Dia menyebut, pada Rakor ini dipaparkan terkait laporan Pemda pada tahun 2024 yang telah mengambil langkah-langkah seperti, pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan yang tersedia, rapat teknis tim pengendalian inflasi daerah.

“Menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting, pencanangan gerakan menanam, melaksanakan operasi pasar, melaksanakan sidang ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Sambut Kunjungan Kerja Kajati Kalteng

Selain itu lanjut dia, berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, merealisasikan BTT untuk dukungan pengendalian inflasi dan memberikan bantuan transportasi dari APBD.

“Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kabupaten Seruyan pada Minggu ke 1 bulan Maret 2024 mengalami kenaikan, yaitu 4,326%, dengan komoditi penyumbang peningkatan IPH, cabai rawit 3,003%, telur ayam ras 0,713%, dan cabai merah 0,770%,” pungkasnya.

(ASY)