Ratusan Umat Muslim Meriahkan Pawai Tarhib Ramadan 1445 Hijriah

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT -  Para peserta Pawai Tarhib Ramadan saat memperlihatkan yel-yel mereka kepada dewan juri.

KUALA KURUN – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat bagi umat Muslim di seluruh dunia. Di Kabupaten Gunung Mas, bulan Ramadan selalu dirayakan dengan penuh kegembiraan dan semangat. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan dalam menyambut  bulan suci tersebut adalah Pawai Tarhib Ramadan.

Tahun 2024 ini, Organisasi Muslim Muslimah Kabupaten Gunung Mas melaksanakan Pawai Tarhib Ramadan 1445 H di Taman Kota Kuala Kurun pada Kamis, 7 Maret 2024. Kegiatan tersebut dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan keimanan dan kecintaan umat Muslim terhadap Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, dan Agama Islam.

“Melalui kegiatan ini, dapat memberikan wadah bagi kaum muslimin dan muslimat di Kabupaten Gunung Mas, khususnya kaum muda, untuk menyalurkan ekspresi yang positif dalam menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 H. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat kerukunan serta persatuan umat,” ungkap ketua pelaksana, Sudin.

BACA JUGA:   Optimalisasi Pertanian Melalui Gerakan Pemuda Tani Indonesia di Gunung Mas

Lebih lanjut dikatakannya, adapun peserta dari Pawai Tarhib Ramadan ini berasal dari siswa dan siswi lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Kurun dan Kecamatan Tewah serta kelompok pengajian masjid dan langgar yang ada di Kecamatan Kurun serta Kecamatan Tewah. Jumlah peserta dalam kegiatan ini mencapai kurang lebih 1000 orang.

“Pawai ini dilaksanakan dengan berjalan kaki sambil membawa atribut pawai sesuai rute yang telah ditentukan oleh panitia. Peserta pawai akan dinilai oleh dewan juri untuk diambil juara terbaik I, II, dan III, terbaik harapan I, II, dan III berdasarkan kategori umum dan kategori pelajar. Tak hanya itu, ada juga penghargaan berupa juara favorit yang nantinya akan memperoleh trophy, uang pembinaan, dan sertifikat penghargaan,” tuturnya.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas Minta KONI Pandu Cabor yang Memiliki Potensi Besar

“Melihat antusias masyarakat yang sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan Pawai Tarhib Ramadan ini, besar harapan kami kepada pemerinta daerh setempat, agar kegiatan ini kedepannya menjadi program tahunan dan dapat memperoleh dukungan berupa dana hibah dari pemerintah daerah Kabupaten Gunung Mas,” tutupnya. (Ale)