Tingkatkan Profesionalisme dan Kemampuan Prajurit, Lanud Iskandar Laksanakan Latihan Tembak

IST/BERITA SAMPIT – Suasana latihan menembak TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Iskandar di Lapangan Tembak Mayor Udara Poespito, Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

PANGKALAN BUN – Untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit, TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Iskandar melaksanakan latihan menembak senjata laras pendek (Pistol) dan sejata laras panjang, bertempat di Lapangan Tembak Mayor Udara Poespito, Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu 6 Maret 2024

Danlanud Iskandar, Letkol Pnb David Moningka, disela-sela kegiatan mengatakan, bahwa kemampuan menembak merupakan suatu kebutuhan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang prajurit TNI.

BACA JUGA:   Dirut Perumdam Tirta Arut Sapriansyah: Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan Kepada Anak Yatim Sebagai Wujud Rasa Sukur

“menembak adalah kemampuan paling mendasar yang harus dikuasai oleh setiap prajurit TNI AU, sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan terus-menerus secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” tuturnya.

Sebelum melaksanakan latihan, seluruh peserta terlebih dahulu mendapat pengarahan dan penekanan agar dalam pelaksanaan latihan tetap mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan.

“Latihan menembak bagi prajurit TNI dilaksanakan guna meningkatkan profesionalisme prajurit dalam menggunakan senjata api, serta siap siaga menjaga kedaulatan NKRI, Perhatikan dan utamakan safety, apabila menemui kendala saat latihan segera laporkan ke pelatih,” tegasnya.

BACA JUGA:   Polres Kobar Amankan Aksi Damai Aliansi Masyarakat

Latihan dibagi dalam dua kelompok, kelompok pertama menggunakan sejata laras pendek (pistol) dan kelompok kedua menggunakan senjata laras panjang. Sebelum penilaian, personel yang mengikuti latihan diberikan tiga butir peluru sebagai percobaan.

Latihan menembak terlaksana aman dan lancar, dengan pendampingan dan pengawasan dari Satpomau, Intel, Kesehatan dan Seksi Senjata.(Gusti/Man)