Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas Iceu Purnamasari.

KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas Iceu Purnamasari memberikan apresiasi kepada semua pihak atas kembali turunnya angka stunting di daerah tersebut.

Namun demikian, ia juga menegaskan pentingnya terus memantau kondisi anak-anak di sekitar melalui posyandu dan kondisi lingkungannya agar tidak kecolongan kasus stunting.

“Saya mengajak pihak desa, kecamatan, kader posyandu, pihak terkait dan masyarakat untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar,”ungkap Iceu Purnamasari, Kamis 28 Maret 2024.

Disebutkannya, mereka perlu memperhatikan apakah ada anak yang mengalami kekurangan gizi, lingkungannya bersih atau tidak, dan berbagai faktor lain yang dapat berdampak pada tumbuh kembang anak.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

“Segera lakukan penanganan jika ada anak yang terindikasi stunting. Misalnya memberikan makanan tambahan oleh posyandu dan pihak terkait lainnya,”bebernya.

Selain itu kata dia, koordinasikan dengan pihak-pihak terkait jika ada sanitasi yang buruk agar segera ditangani sehingga tidak berdampak pada tumbuh kembang anak.

“Saya berharap, kedepannya, tidak ada lagi kasus stunting di Kabupaten Gunung Mas. Anak-anak di daerah kita dapat tumbuh sesuai dengan usia dan sehat,”harap Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

“Jika kondisi anak sehat dan tidak stunting, maka tumbuh kembangnya juga baik secara fisik maupun kognitif,”sambungnya.

Pada kesempatan itu juga, ia mengajak semua pihak perlu berperan aktif dan saling berkoordinasi untuk memastikan kondisi anak-anak tetap sehat dan baik.

Dengan begitu, generasi muda dapat tumbuh sesuai dengan perkembangan yang seharusnya dan menjadi manusia yang lebih berkualitas di masa depan. (Ale)