Kepala Bappeda Litbang Kalteng Hadiri Musrenbang RKPD Pulang Pisau

PALANGKA RAYA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Leonard  S. Ampung menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Pulang Pisau Tahun Perencanaan 2025 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan lnovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Pulang Pisau, Kamis 28 Maret 2024.

Kepala Bappeda Litbang Provinsi Kalteng, Leonard S Ampung menyampaikan bahwa Musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini merupakan tahapan lanjutan dari proses perencanaan pembangunan daerah tahunan.

“Dimana proses perencanaan ini telah melalui pendekatan bottom up yaitu telah melewati tahapan Musrenbang desa/kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Konsultasi Publik dan Forum Perangkat Daerah,” ujar Leonard S Ampung.

“Hasil Musrenbang pada hari ini menjadi masukan dalam mematangkan rancangan RKPD Kabupaten Pulang Pisau Tahun Anggaran 2025 untuk menjadi rancangan akhir,” sambung Leonard S Ampung.

BACA JUGA:   DAD Kalteng Bersama Berbagai Lembaga dan Ormas Kembali Gelar Pasar Ramadan

Leonard juga menjelaskan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2025 dengan Tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan serta mengusung tema untuk wilayah Kalimantan Superhub Ekonomi Nusantara.

“Sedangkan untuk Kalimantan Tengah sendiri mengusung tema Lumbung Pangan Nasional dan Pusat Konservasi Internasional dimana peran provinsi dalam pencapaian jangka panjang wilayah untuk mengurangi kesenjangan,” beber Leonard S Ampung.

Dia menyebut, tema dan arah kebijakan ini sebagai acuan untuk memberikan panduan kepada pemerintahan daerah dan menjaga kesinambungan pembangunan antar perencanaan kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Leonard S Ampung menyampaikan bahwa tema atau agenda Pembangunan Provinsi Kalteng dalam rancangan awal RKPD Provinsi Kalteng Tahun 2025 adalah Memantapkan Pembangunan Melalui Pemerataan Dan Peningkatan Kualitas Kesejahteraan Masyarakat, Menuju Kalteng Unggul Dan Bermartabat.

Selain itu, Leonard S Ampung menyampaikan sasaran dan target pembangunan Provinsi Kalteng tahun 2025 yang merupakan indikator kinerja utama yang nantinya akan menjadi target capaian di Tahun 2025 yang sudah disepakati bersama pada saat pelaksanaan Rakortekrenbangnas 2024.

BACA JUGA:   DPMPTSP Melaksanakan Program Rutin Ramadan Berbagi

Leonard S Ampung membeberkan bahwa adanya peningkatan APBD Provinsi Kalteng sebesar 50 persen Pada Tahun 2023 dibandingkan APBD Pada Tahun 2015.

“Musrenbang RKPD Provinsi Kalteng direncanakan dilaksanakan pada hari Kamis, 18 April 2024 dan Musrenbang RPJPD Tanggal 17 April 2024, diharapkan dengan adanya pelaksanaan ini seluruh pemangku kepentingan dapat menyampaikan aspirasinya untuk mewujudkan Kalteng makin Berkah,” pungkas Leonard S Ampung.

Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun Perencanaan 2025 merupakan sinkronisasi hasil Forum Perangkat Daerah yang diselaraskan ke dalam dokumen RKPD Tahun 2025 sebagai dokumen teknis perencanaan Perangkat Daerah pada saat penyampaian usulan program dan kegiatan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2025.

(Sya’ban)