Lihat Kondisi Jalan Rusak Mentaya Hulu, Bupati Kotim Langsung Instruksikan Perbaikan

IST/BERITA SAMPIT- Bupati Kotim Halikinnor serta rombongan saat kunjungan kerja sekaligus Safari Ramadan ke Mentaya Hulu lihat jalan rusak.

SAMPIT – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor melihat langsung kondisi jalan yang rusak parah di Kecamatan Mentaya Hulu, dan langsung mengintruksikan dinas terkait untuk melakukan perbaikan agar fungsional.

“Jalan Tanjung Jariangau, Bawan dan Kuala Kuayan yang kondisinya hancur, saya sudah instruksikan dinas terkait untuk segera menangani, paling tidak supaya fungsional dulu,” kata Halikinnor, Minggu 31 Maret 2024.

Halikinnor beserta rombongan diketahui melakukan Safari Ramadan dan kunjungan kerja ke Kecamatan Mentaya Hulu.

Ketika dalam perjalanan ke sini jalannya rusak parah, sehingga langsung menginstruksikan Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DSDABMBKPRKP) Kotim Mentana Dinar untuk segera melakukan perbaikan jalan tersebut.

BACA JUGA:   Satu Pekan Berlalu, Polisi Masih Kesulitan Ungkap temuan Bayi di Sungai Mentaya

Jalan tersebut merupakan akses penghubung tiga desa yakni Desa Tanjung Jariangau, Bawan, serta Kuala Kuayan.

“Perbaikan memerlukan dana Rp 1,5 miliar, tapi itu untuk perbaikan awal saja, tahun 2025 akan diperbaiki keseluruhan,” ungkapnya.

Dijelaskan Halikinnor jalan tersebut membutuhkan dana sekira Rp 25 miliar untuk perbaikan sepenuhnya, untuk waktu dekat dilakukan perbaikan pada jalan tersebut agar tetap bisa fungsional.

Ia juga mengingatkan masyarakat setempat agar memperhatikan bobot atau berat muatan ketika melintasi jalan tersebut karena dikhawatirkan akan amblas dan jalan semakin rusak.

BACA JUGA:   PPLIPI Kotim Berbagi Takjil di Nur Mentaya Sampit

“Kita harus memelihara jalan ini dengan baik, jangan mengangkut muatan berlebihan, terutama musim hujan akan membuat jalan semakin parah,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Mentaya Hulu, Muhammad Indra mengatakan, jalan tersebut memang sudah lama menjadi keluhan masyarakat.

Dirinya meminta agar masyarakat bersabar sebentar lagi dan mematuhi imbauan Bupati Kotim.

“Sesuai yang disampaikan Pak Bupati tadi kalau sudah dilakukan perbaikan kita semua harus menjaganya,” pungkas Indra. (Nardi)