​Mengejutkan ISPA Jadi Penyakit Utama Pasca Banjir Katingan

    KASONGAN – Musibah Banjir yang melanda hampir seluruh Wilayah Katingan beberapa hari ini belum selesai kini menimbulkan permasalahan baru terhadap kesehatan para korban banjir, Pasko-posko kesehatan menjadi salah satu tempat vital yang sering di kunjungi warga.

    Hal tersebut terlihat seperti di disebuah Posko pengobatan yang dibangun dinas kesehatan Kabupaten Katingan dan Lembaga Penanggulangan Banjir Muhammadiyah (MDSC) di Kota Kasongan.

    Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan Dr. Robertus Pamuriyanto pihaknya hingga sekarang mendapatkan informasi via watsapp jumlah pasien yang berobat lebih banyak dari pada saat banjir.

    “Semakin Surut air semakin banyak pasien, keluhan masyarakat yang paling sering adalah Infeksi saluran pernapasan (ISPA), disusul gatal-gatal, diare dan demam,” terangnya dengan beritasampit.co.id. Kamis, (20/7/2017).

    Dirinya juga menghimbau kepada seluruh warga yang merasa mengalami gangguan kesehatan pasca banjir untuk memeriksakan diri di Posko pengobatan yang telah di tentukan. “Masyarakat diharapkan tetap menjaga kebersihan makanan dan tetap menjaga gizi walaupun kondisi seperti ini,” pungkasnya.

    (Kwt/beritasampit.co.id)