Ini Pesan Bupati Kotim Saat Melantik 77 Kades

    SAMPIT – Pelantikan 77 Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berlangsung di Lapangan Sepak Bola Stadion 29 November, Jalan Cjlik Riwut, Sampit, Senin (11/12/2017).

    Bupati H Supian Hadi, mengatakan, kepada 77 orang kades yang dilantik agar jangan menyakiti hati warga masyarakat yang memilihnya.”Saya harap kepada kepala desa yang dilantik nanti setelah menjabat bisa membuktikan janji-janji politiknya,” pintanya.

    Karena, lanjut Supian Hadi, janji-janji politik itu yang akan ditunggu oleh masyarakat. Tapi sarannya, tolong bekerjalah demi janji-janji politik bisa dimasukkan ke dalam visi dan misi, yang disusun melalui dalam RPJMDesa nantinya. Maka RPJMDesa itulah yang akan disusun dengan bekerjasama.

    “Jadi RPJMDesa yang disusun bersama elemen masyarakat, ada BPD dan lain sebagainya,” ujarnya. 

    Tak hanya itu, sambungnya, dalam pembentukan APBDes harus sinkron dengan BPD. Karena jika ada kekeliruan, itu karena ada beberapa prosesnya.

    “Bisa kesalahan yang terjadi itu karena tidak sinkronnya. Karena disitu tidak ada kerjasama yang baik antara Kades dan aparatur dengan BPD selaku pengawasannya,” ujar Supian.

    Dia meminta, selaku pengawas dalam menyusun APBDesa, mulai dari perencanaan harus melibatkan seluruh elemen masyarakat. Sehingga kalau terjadi kesalahan, salah bersama. Jadi kalau itu baik maka jadi kebaikan bersama. 

    “Saya berharap BPD harus melakukan rangkul. Sebab kalau melakukan rangkul harus perbandingan dengan Kades. Ayo kerjasama yang baik dengan BPD. Karena BPD adalah bagian dari pemerintahan desa, dan tidak bisa ditinggal. Mereka harus dihargai juga,”ungkapnya.

    Ditambahkan Supian, kalau BPD tidak jalan maka tidak bisa menyusun APBDesa.” Yang perlu jadi perhatian serius laksanakan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” pesannya.(mar/beritasampit.co.id)