Jelang Natal, Pemkab Katingan Bentuk Tim Terpadu HET Gas Bersubsidi 3 Kg

    KASONGAN – Instruksi Bupati Katingan Sakariyas, tentang pembentukan tim terpadu penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas bersubsidi isi 3 Kg di pasaran menjelang hari Natal tahun 2017 akan segera dilaksanakan. Demikian dikatakan oleh Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setda Katingan Rusli Kaderi, Jumat (15/12/2017).

    Rusli mengatakan, terkait hal ini ‎ akan berkoordinasi dulu dengan beberapa Satuan Organisasi Perangkat Daerah seperti Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Katingan setempat‎ selaku leading sektornya, bagian Perhubungan dan bagian Sumber Daya Alam.

    “Terkait dengan rencana rapat tim terpadu tersebut, pekan lalu, kami sudah melakukan pengecekan beberapa pedagang eceran gas LPG bersubsidi ini di sejumlah toko dan pasar.‎ Diantaranya beberapa pedagang gas LPG di pasar Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, di Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir dan di Desa Petak Bahandang Kecamatan Tasik Payawan,” katanya.

    Lanjutnya menambahkan, oleh karena leading sektornya bukan bagian ekonomi, beberapa bagian yang terlibat dalam penentuan HET dimaksud menurutnya sampai pekan ini masih menunggu instruksi dari dinas terkait.‎

    Sementara, data dari Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Katingan Drs H Saptul Anwar, mengatakan bahwa berdasarkan hasil pengecekan beberapa waktu lalu, khusus untuk harga eceran gas bersubsidi isi 3 Kg di sejumlah toko yang ada di kasongan Rp35 ribu/tabung.‎ Kemudian untuk harga di pangkalan sekitar Rp 30 ribu/tabung.

    “Sedangkan untuk harga agen, berdasarkan informasi dari pangkalan, mereka beli antara Rp 20 ribu hingga Rp 21 ribu,” terang H Saptul. (ar/beritasampit.co.id)