Kualitas Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Harus Ditingkatkan

    PALANGKA RAYA-Melalui ajang Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah 2016,  diharapkan bisa mempromosikan potensi wisata di Kalteng ke tingkat nasional bahkan Internasional.

    “Kedepannya, saya mengharapkan pemenang duta pariwisata 2016  perlu belajar banyak, wawasan luas perlu, tidak hanya tahu pariwisata saja tapi juga harus bisa berorganisasi  nonton berita, baca koran dan diskusi agar banyak jaringan dan ilmu,” ucap Andina Theresia Narang,usai penobatan putra dan putri pariwisata 2016 di Museum Balanga Palangka Raya, Jumat (20/5 ) malam lalu.

    Menurutnya, putra dan putri pariwisata masih harus meningkatkan kualitasnya baik dari sisi pengetahuan akan potensi Kalteng, jaringan, serta organisasi. Pasalnya, menjadi duta pariwisata bukan hanya mengetahui potensi wisata di satu kabupaten namun di seluruh Kalteng. Selain itu juga bukan hanya mengetahui terkait budaya dan adat istiadat tetapi sejarah, bidang organisasi dan politik.

    Selain menilai bakat seni, jelas Andina yang juga Anggota DPRD Provinsi dari Fraksi PDI Perjuangan, Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata harus tahu potensi pariwisata.  Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pariwisata. Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata harus orang yang komunikatif, ceria dan berpenampilan menarik.  Dipundak mereka harapan pariwisata Kalteng dapat dikenal luas masyarakat internasional.

    “Jadi tidak salah,  kalau peserta harus melewati sejumlah tahapan seperti unjuk bakat, sesi wawancara untuk melihat kemampuan. Dan pengetahuan serta kemampuan berkomunikasi,” ungkap pemilik rumah kecantikan ALEIA di Palangka Raya.

    Dalam perhelatan putra – putri pariwisata Kalteng 2016, sebagai Jagau terpilih dari Kabupaten Murung Raya Ezha Pahlevi dan Nyai Bawi terpilih dari Kabupaten Barito Selatan Assa Watari Joan. Sementara wakil I atau juara II adalah  jagau dari Kota Palangkavraya Rizky Ansyari dan Nyai Bawi dari Kabupaten Murung Raya, Aslamiah. Wakil duta pariwisata III atau pemenang III adalah jagau dari Kotawaringin Timur Dani Julianto dan Nyai bawi asal Palangka Raya Lydia Alessia Wineyni Tirza Gandrung.(nata/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)