HORE…..Petani di Kotim Dapat Bantuan Alsintan

    SAMPIT-Sebanyak 23 hand tractor dan 17 pompa air diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) ini merupakan alokasi dana pusat yang diserahkan secara simbolis oleh Anggota Komisi IV DPR RI, H Hamdhani SIP, kepada kelompok tani di Aula Dinas Pertanian, Peternakan, Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (DP3KP) Kotim.

    Dalam kesempatan itu, Hamdhani mengungkapkan bantuan yang diserahkan merupakan alat penunjang pertanian di Kotim. Dengan adanya Alsintan diharapkan produksi beras para petani di Kotim terus meningkat dan bahkan bisa disalurkan ke daerah lainnya di Kalteng.

    “Saya senang mendengar bahwa saat ini Kotim sudah surplus beras. Itu artinya produksi beras di Kotim sudah lebih dari kebutuhan masyarakatnya,” terang Hamdhani, (3/10). Ditambahkan bahwa salah satu kendala dalam pengembangan produksi beras adalah terbatasnya lahan yang digunakan, karena masuk dalam kawasan hutan produksi.

    Oleh sebab itu, pihaknya bersama dengan Gubernur Kalimantan Tengah akan berusaha merampungkan penyusunan tata ruang daerah, agar kawasan HP ini bisa dijadikan APL (Areal Penggunaan Lain) yang nantinya diperuntukkan bagi lahan pertanian.

    Sementara itu Kepala DP3KP Kotim, I Made Dikantara mengungkapkan, tahun ini Kotim sudah surplus sekitar 2.000 hingga 3.000 ton beras. Diperkirakan akhir tahun nanti bisa surplus hingga 4.000 hingga 5.000 ton. (raf)

    (Visited 1 times, 1 visits today)