KIRAB Agung 40 Raja-Raja FKN-X Berlangsung Hikmat

    PANGKALAN BUN – Kirab Agung Pasukan Prajurit dari 40 Raja-Raja Keraton/Kesultanan se-Nusantara, Senin 10 November 2016 yang digelar di Stadion Sampuraga Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berlangsung hikmat dan meriah.

    Sebelumnya sejak kemarin Minggu hujan turun tak kunjung berhenti, dari malam hingga senin pagi (10/10) cuaca di Kota Pangkalan Bun masih terlihat mendung. Namun  menjelang acara kirab, cuaca mendung berubah menjadi cerah, dan kegiatan pun berlangsung lancar seperti yang diinginkan.

    “Mudah-mudahan tidak turun hujan dulu selama acara kirab digelar,” ungkap Kepala Disbudpar Kabupaten Kobar Drs.H.Gusti Imansyah di tengah kesibukannya bersama seluruh panitia mengatur para tamu Raja.

    Sementara pantauan  di lapangan, sejak siang sejumlah Raja dan delegasi sudah berdatangan ke lokasi, disusul puluhan undangan dari para Pimpinan Daerah di 14 Kabupaten dan 1 kota, serta tokoh-tokoh masyarakat Kabupaten Kobar, Lamandau, Sukamara maupun dari Kabupaten lainnya di Kalteng sudah memenuhi kursi undangan yang disediakan.

    Upacara Kirab Agung dibuka oleh Asisten III Provinsi yang mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Kemudian acara diakhiri dengan pagelaran pawai.

    Sebelumnya, acara Kirab yang diikuti sekitar 350 peserta maupun delegasi dari 40 Raja-Raja dan Kesultanan se-Nusantara minggu kemarin menggelar acara makan malam bersama di Istana Kuning, para tamu kehormatan tersebut disambut dengan ritual Tampung Tawar upacara adat khas Kesultanan Kutaringin, disaksikan oleh semua delegasi FKN yang mengenakan pakaian adat Kesultanan masing-masing.

    Secara simbolis, pemberian Tampung Tawar dilakukan langsung Sultan XV Kutaringin Pangeran Ratu Alyidin Sumka Alamsyah kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Komunikasi Informasi Keraton se-Nusantara (FKIKN) GR. Kanjeng Ratu Wandansari.

    Kemudian dalam sambutan singkatnya, Pangeran Ratu Alyidin Sukma Alamsyah mengatakan, acara FKN yang digelar setiap dua tahun sekali ini diharapkan dapat terus menjadi tali pemersatu bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga masa yang akan datang.

    “Atas nama Kesultanan Kutaringin mengucapkan selamat datang kepada para sultan dan raja se-Nusantara, beserta permaisuri di FKN kesepuluh yang digelar di Kobar ini,” Pungkas Pangeran Ratu Alyidin Sukma Alamsyah.(Man)

    (Visited 3 times, 1 visits today)