50 Kube Terima Bantuan Rp. 1 Milliar

    NANGA BULIK – Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan dana pengembangan usaha untuk kalangan warga kurang mampu kepada Pemerintah Kabupaten Lamandau sebesar Rp1 miliar.

    Bantuan yang berasal dari dana APBN tersebut nantinya disalurkan ke sejumlah Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kabupaten Lamandau.

    “Dana bantuan tersebut akan disalurkan ke pada 50 Kube, sehingga masing-masing mendapatkan dana senilai Rp 20 juta, jadi total bantuan yang kita peroleh sebanyak Rp 1 miliar,” ungkap kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Lamandau, Yuano melalui Kabid Sosial, Yenny Rafiqah.

    Dana bantuan tersebut, kata Yenny, sudah disalurkan kepada setiap Kube tujuannya sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan.

    “Jadi warga yang tergabung dalam Kube dibantu untuk mengembangkan usaha mereka, sesuai jenis usaha kelompoknya, dan Kube yang mendapatkan bantuan tersebut yakni mereka yang telah mengusulkan sejak tahun lalu dan di data oleh dinas sosial,” ujarnya.

    Kemudian, ia menuturkan, masing-masing Kube yang mendapat bantuan wajib laporan secara berkala mengenai kegiatan yang mereka lakukan.

    “Untuk laporan kegiatan sendiri nantinya akan  disampaikan secara online, tidak lepas juga adanya klarifikasi yang dilakukan oleh dinas nantinya supaya kita mengetahui bahwa bantuan yang diberikan berjalan dengan baik atau sebaliknya,” tuturnya

    Dengan diberikan bantuan tersebut, dirinya berharap para anggota Kube dapat mengembangkan usahanya untuk menambah penghasilan.

    “Dengan begitu mereka dapat memenuhi kebutuhan dasarnya masing-masing anggotanya,” pungkasnya. (cipt/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)