Debat Publik Paslon Bupati Kobar Digelar 7 – 21 Januari 2017

    PANGKALAN BUN – Genderang Pilkada serentak 2017 di Kabupaten Kobar semakin menggaung, menyusul Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan menggelar Debat Publik bagi 5 Pasangan Calon (Paslon) peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) periode2017-2021.

    Debat akan dilaksanakan terbuka pada Tanggal 7 dan 21 Januari 2017 mendatang di Gedung DPRD Kobar. Ketua KPU Kobar, Siti Wahidah mengatakan Debat akan digelar secara terbatas, artinya yang bisa masuk ke dalam aula hanya tamu yang mendapatkan undangan, sementara untuk pendukung yang melebihi kuota akan menunggu di luar.

    “Untuk jumlah yang didalam kita sudah sepakati 1 paslon, dibatasi hanya 50 orang perwakilan saja, itu secara keseluruhan, sudah termasuk pendukung dan tim,” ungkap Wahidah, jumat (30/12).

    Ada delapan point yang akan dibahas dalam debat nantinya, yakni menyangkut tentang meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pembangunan daerah, Kabupaten/ Kota dan Provinsi dengan Pusat,  memperkokoh NKRI dan Kebangsaan, anti Narkoba, perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan.

    “Debat Politik nantinya harus dihadiri seluruh paslon, jika ada yang tidak hadir, yang bersangkutan harus memberikan surat keterangan,” kata Wahidah.

    Debat Publik menjadi salah satu pendidikan politik kepada masyarakat, sehingga masyarakat nantinya bisa memilah dan melihat secara seksama siapa saja pemimpin berkompetensi yang paling tepat untuk dipilih pada Pilkada 2017 mendatang.

    Terpisah Suseno Hartomo, salah seorang pengamat mengatakan, debat publik diharapkan memberi manfaat, terutama untuk memperkaya wawasan masyarakat terhadap para calon pemimpin yang akan dipilih.

    “ Pemahaman pemilih tentang latar belakang, komitmen,dan rencana yang akan dilakukan calon setelah terpilih tersebut penting, agar pemilih dapat memilih kandidat yang tepat,yang bisa memaksimalkan aspirasi masyarakat untuk membangun Kabupaten Kobar,ke arah yang lebik baik,” tandas Suseno. (man/beritasampit.co.id).

    (Visited 1 times, 1 visits today)