Kok Bisa, Pos Kamling Tidak Lagi Menjadi Prioritas

    PANGKALAN BUN- Saat ini Keberadaan Pos Kamling atau pos jaga sudah tidak lagi menjadi prioritas masyarakat, padahal keberadaannya sangat penting guna meminimalisir tindakan kriminalitas dan menjaga keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

    Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol)  Kobar, Mudelan mengatakan,  Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan berupaya menghidupkan kembali pos kamling. “Kita akan hidupkan kembali pos-pos kamling ini. Idealnya tiap satu RT ada satu pos kamling,” kata Mudelan, kamis (26/1/2016).

    Untuk membangun pos kamling hal yang terutama harus disiapkan adalah tanah, Mudelan mengajak masyarakat di tiap RT bisa mensiapkan lahan agar bisa dibangun pos kamling.

    Pemkab Kobar sendiri pastinya telah menyediakan dana hibah yang nantinya akan diberikan kepada pihak RT yang mengusulkan.” Untuk pembangunan pos kamling berukuran 4×4 saja, biayanya dilihat dari standar biaya umum. Yang jelas keberadaan pos kamling ditiap RT, pastinya sangat berguna menambah keamanan dilingkungan masing-masing,” kata Mudelan.

    Sementara, Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) dan Pemadam Kebakaran (damkar) Kobar, Hermon F Lion, mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan tiap-tiap linmas untuk menjaga keamanan di tiap RT yang akan dimulai pada Februari nanti.

    “Karena sekarang masih berbenah, untuk linmas di tiap RT kita serahkan ke masing-masing RT saja, bagaimana pengaturannya,” pungkasnya (man/beritasampit.co.id).

     

    (Visited 5 times, 1 visits today)