Ini Dia Program Unggulan Dinas Perikanan Kotim Tahun 2017

    SAMPIT – Budidaya perikanan menjadi sektor unggul dari Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada tahun 2017.

    “Kami akan tingkatkan budidaya di sungai, danau, atau kolam untuk ikan-ikan air tawar agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kotim Ir Jakatan, Selasa (7/2/2017).

    Ia juga mengatakan jumlah permintaan ikan-ikan air tawar cukup tinggi untuk wilayah Kabupaten Kotim, maka dari itu dirinya menginginkan adanya peningkatan produksi dengan budi daya tersebut.

    Untuk dapat meningkatkan produksi ikan Dinas Perikanan Kabupaten Kotim masih menemui kendala. “Untuk saat ini masih ada kendala dalam pakan ikan yang harganya juga mahal dan kondisi yang sering berubah,”ungkapnya.

    Saat ini penghasil benih ikan terdapat di UPT Balai Benih Ikan yang berada di Kecamatan bagendang. “Untuk benih ikan patin, nila dan lele berada di balai ikan yang ada di bagendang,balai itu juga termasuk salah satu Pendapatan Anggaran Daerah (PAD),” ujarnya.

    Dinas Perikanan Kabupaten Kotim juga membuat pengolahan ikan seperti Rumah Jelawat yang ada di Jalan A. Ayani Sampit. “Kami juga membuat Rumah Jelawat. Selain untuk menambah PAD, juga untuk oleh-oleh khas Kotim,” ungkapnya.(bnr/beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)