Wow… Desa Handil Sohor Ternyata Penyuplai Sayuran Di Kotim Lho

    SAMPIT – Petani transmigrasi di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan(MHS), ternyata salah satu penyuplai berbagai macam sayuran di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

    Ketua Gapoktan Handil Damai, Martono mengatakan bahwa sebagian besar kegiatan warga di Handil Sohor kebanyakan petani holtikultura yang mengolah lahan dengan  menanam berbagai macam jenis sayuran seperti, jagung, terong, timun, lombok, kubis, sawi, bayam, tomat, buncis, kacang panjang, singkong, ubi jalar dan tanaman lainnya.

    “Kebanyakan masyarakat trans bertani sayur menutupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Banyak para pelanggan maupun tengkulak yang datang membeli sayuran di sini. Ada yang menggunakan mobil, juga ada yang pakai sepeda motor,” kata Martono, rabu (22/2/2017).

    Melimpahnya hasil produksi dan harga yang sangat murah, membuat banyak pelanggan baik dari para pedagang keliling maupun tengkulak saling berlomba datang  langsung membeli ke lokasi pertanian.

    “Setiap kali panen berbagai sayuran itu lebih banyak dibawa ke Sampit, ada juga pelanggan atau pembeli sayuran yang datang bersama mobil pikap dari Sampit setiap 2 hari sekali mengangkut dalam jumlah banyak sampai 1,5 ton ,” ujarnya.

    Sementara, Kepala Desa Handil Sohor, Bahrudin mengatakan 70 persen warganya bekerja sebagai petani sayur dan 30 persen pekerja bangunan serta PNS.

    ” Sejak trans itu dibuka mereka mengelola lahannya untuk tanam berbagai macam jenis sayur-sayuran. Jangan heran kalau yang dari Sampit sana juga pasokan dari Desa ini,” pungkas Kades yang juga hobi bertani sayuran itu.(mar/beritasampit.co.id)