Legislator Ini, Dorong Industri Hilir Buah Kelapa

    SAMPIT – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin TImur Rudianur, mengisyaratkan perlunya pemerintah daerah memacu pengembangan industri hilir produk turunan buah kelapa untuk mencapai target investasi di daerah pada tahun 2018 mendatang.

    “Industri hilir yaitu industri yang mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi sehingga barang yang dihasilkan dapat langsung dipakai atau dinikmati konsumen. Khusus di kotim, banyak produk industri hilir yang bisa dipacu berasal buah kelapa selain mendatangkan keuntungan besar juga akan merekrut tenaga kerja yang banyak,” jelasnya, Senin (7/8/2017).

    Dia mengatakan, pihaknya mendorong pemerintah daerah mencoba dan mencari terobosan baru untuk memacu pertumbuhan industri hilir di daerah, apalagi kesiapan infrastruktur daerah saat ini semakin membaik khususnya diwilayah selatan kotim.

    “Dengan modal kesiapan infrastruktur yang semakin baik tentunya bagi daerah sudah menjadi modal awal untuk menarik minat dunia investasi masuk kedaerah, khususnya kepada para investor yang berkeinginan membangun industri hilir untuk buah kelapa itu,” katanya.

    Rudianur menambahkan pertumbuhan industri hilir yang tangguh dan berkelanjutan di daerah, tidak terlepas dari peran serta pemerintah daerah dalam memberikan service kepada para investor untuk menarik minat masuk kedaerah.

    “Selain menciptakan iklim investasi daerah yang kondusif pemerintah daerah juga berkewajiban menjamin memberikan kemudahan kepada para investor dalam memperoleh perijinanannya, sehingga kedepan daerah kita bisa semakin maju dan masyarakat ikut merasakan manfaat dari keberadaan investasi di daerah ini,”demikian Rudianur.

    (drm/beritasampit.co.id)