Masyarakat Kasongan Antusias Nonton Bareng Pemutaran Film G30S/PKI, Untuk Apa?

    KASONGAN – Masyarakat Kota Kasongan sangat antusias menonton pemutaran Film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI ) yang dilaksanakan Komando Rayon Militer (Koramil) 105/03 Kasongan di halaman Kantor Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, Rabu (27/9/2017) malam ini.
    Perwira Penghubung (Pabung) 1015 Sampit, Kasongan Mayor Inf Deni Warwanto mengatakan nonton bareng ini untuk mengenang kembali sejarah, supaya generasi muda, maupun orang tua mengingat kembali peristiwa yang terjadi pada waktu itu.

    “Jadi sejarah ini tidak boleh kita lupakan, intinya seperti itu. Harapan kita masyarakat jangan hanya nonton filmnya saja, tetapi dengan film yang di tonton ini supaya masyarakat mengerti dengan peristiwa yang terjadi pada tahun 65 kelam itu,” kata Deni Warwanto kepada beritasampit.co.id, rabu (27/9) malam ini.

    Pabung mengungkapkan, kegiatan nonton bareng sebagai tindak lanjut amanah yang disampaikan oleh Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo.”Supaya generasi muda mengetahui bahwa kita pernah punya sejarah kelam dan jangan sejarah itu berulang. Tidak ada ideologi lain bagi bangsa yang  Bhineka tunggal ika selain pancasila,” Pungkasnya.

    ‎‎Sementara itu, Ibu Teti (40) bersama dua orang anaknya ini mengatakan sengaja datang ke kantor Kecamatan setempat hanya untuk tau dan ingin mengenang kembali lagi bagaimana pemutaran sejarah Film 30S/PKI waktu dulu. ” ini saya ditemani kedua anak pak, kami datang kesini sangat antusias mau nonton pemutaran Film 30S/PKI, karena ingin tau dan mengingatkan kembali apa saja sejarah penghiatan terhadap Pancasila di waktu dulu,” kata Teti.

    Melihat besarnya antusias masyarakat katingan,sampai-sampai jalanpun penuh dan tertutup,sehingga masyarakat untuk menyaksikan bersama pemutaran Film tersebut cukup berdesakan, tetapi tetap rapi dan aman.

    Selain itu juga para pedagang setempat meraup untung banyak karena jualannyapun laris manis oleh pembeli yang sedang menyaksikan bersama pemutaran Film G30S/PKI.(ar/beritasampit.co.id)

    Redaktur : Edy Ruswandi