KEREN 72 ASN Yang Akan Purna Tugas Distudibandingkan Ke Malang, Ada Apa Yah

    PANGAKALAN BUN – Sebanyak 72 orang rombongan dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang memasuki purna tugas , distydu bandingkan ke Kota Malang Jawa Timur Selasa (10/10/2017). Mereka datang ke Kota “Dingin” Malang, bukan mau darmawisata ke kebun “buah-buahan” melainkan study banding tentang UMKM.

    Rombongan dari Kabupaten Kotawaringin Barat dipimpin oleh Assisten III Setda Kobar Bahrudin dan di terima Supriyadi Asissten II Pemkot Malang di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang di jalan Tugu No 1 Malang.

    Dalam pertemuan tersebut, Bahrudin mengatakan, bahwa memasuki purna tugas para ASN di lingkup Pemkab Kobar diajak untuk melakukan studi banding. Dimana studi banding yang dilakukan yakni ke Kota Malang yang dianggap banyak usaha kecil mikro yang tumbuh dengan pesat di Kota Malang.

    “Maka dari kegiatan studi banding ke Kota Malang ini kedepan bisa dimanfaatkan para ASN dilingkup Pemkab Kobar bisa belajar langsung ke sentra UMKM di Kota Malang yang begitu banyak,” kata Bahrudin.

    Sehingga, saat memasuki masa pensiun, para ASN bisa mempersiapkan diri dengan mengolah berbagai hasil produk UMKM. Baik itu kripik tempe dan kripik dari buah-buahan yang bisa diterapkan di Kabupaten Kobar.

    Sehingga ASN yang pensiun nanti mempunyai kesibukan dengan membuka usaha di rumah. Bahkan harapanya bisa mengembangkan UMKM seperti di Kota Malang. “Kita coba bagi yang purna tugas agar ada aktivitas. Adanya kunjungan ini bisa memperoleh ilmu dan menyerap dan menerapkan di Kobar,” harapnya.

    Namun, kedatangan ke Kota Malang tidak hanya ingin belajar tetapi juga memperkenalkan berbagai potensi yang ada di Kabupaten Kobar, mulai dari perkebunan kelapa sawit, peternakan yang di integrasikan dengan sapi sawit, pariwisata dengan unggulanya yakni Taman Nasional Tanjung Puting.

    Selain itu juga terkait perikanan, kebersihan yang menjadi kabupaten kecil terbersih dengan mendapat 11 kali piala adipura dan masih potensi yang lainya. “Kami harap Pemkot Malang juga bisa berkunjung ke Kobar. Serta bisa menjalin berbagai kerjasama antar dua daerah,” beber Bahrudin. (man/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY

    (Visited 1 times, 1 visits today)