Mengapa Tema Gelar Budaya Dayak Tomun Diangkat, Ini Penjelasannya ?

    PANGKALAN BUN – ADM PT. SINP-PBNA, Ketut B. Astawa mengatakan kegiatan Gelar Budaya Dayak Tomun ini merupakan kepedulian PT Astra Grop akan Kebudyaan daerah, dan melalui program CSR (Coorporate Social Responsibility) PT. SINP-PBNA sejak tahun 2016 menggelar Kegiatan Budaya Dayak Tomun.

    Ditahun 2017 Ini pagelaran budaya Dayak Tomun mengangkat Tema “Generasi Muda Indonesia Berani dan Bersatu Melestarikan Budaya”

    Menurut Ketut B. Astawa, dengan Tema itu diangkat mengingat saat ini budaya daerah nyaris tergusur dengan maraknya budaya asing, atas dasar itulah PT. Astra Agro Lestari Borneo I ingin memupuk kecintaan para generasi muda akan budaya daerah.

    “Kami bukan saja menggelar kegiatan budaya ini tetapi kamipun melalukan pembinaan terhadap terhadap anak anak melalui sanggar seni daerah, kami memberikan wadah sebagai tempat untuk mengembangkan bakat dan juga harapan kedepannya dengan tumbuhnya rasa kecintaan itu maka budaya daerah tidak akan punah, akan berlanjut terjaga dari generasi ke generasi,” terangnya.

    Dimana menurut Ketut, Gelar budaya dayak tomun ini bukan saja menampilkan tarian daerah dayak saja juga menampilkan berbagai kegiatan seperti olahraga tradisional diantaranya belogo, begasing, besumpit juga melukis juga membuat kerajinan yang masih kaitannya dengan adat budaya dayak tomun.

    Ketut pun menambahkan kepedulian PT Astra Agro Lestari Tbk Area B1 melalui program CSR diterapkan melalui pemberian bantuan untuk pendidikan, perekonomian melalui program INCOME GENERATING ACTIVITIES (IGA) Sawit, juga budaya.

    (man/beritasampit.co.id)