Pemkab Kotim Adakan Sosialisasi Pemanfaatan CSR Kades

    SAMPIT – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), melalui Dinas Pemberdaya Masyarakat dan Desa (DPMD) mengadakan sosialisasi pemantapan pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada kepala desa (Kades) tahun 2017.

    Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Darma Wanita Jl. Jendral A. Yani Sampit, pada Rabu (8/11/2017), dihadiri 101 kepala desa dari 10 kecamatan di Kotim yang didominasi kecamatan wilayah utara.

    Adapun kecamatan tersebut yakni terdiri dari, kecamatan Cempaga Hulu, Cempaga, Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Tualan Hulu, Mentaya Hulu, Bukit Santuai, Telawang dan Seranau.

    Saat membuka acar, Wakil Bupati Kotim, HM. Taufiq Mukri menyampaikan bahwa selama ini dan CSR yang wajib disalurkan Perusahaan Besar Swasta (PBS) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) belum maksial dalam penggunaannya yang biasaya disalurkan kewilayah sekitar perusahaan perusahaan tersebut berdiri.

    “Selama ini PBS dan BUMN di Kotim, masih mandiri dalam penggunaan dana CSR, belum ada hubungan yang singkron dengan desa, baik program desa yang biasanya dimasukan pada saat Musrembang desa, kemudian masuk kedalam program pembangunan APBDes sehingga mengakibatkan tidak dapat sasaran,” ujar Taufiq Mukri saat menyampaikan Sambutan Bupati.

    Kemudian dia, mengharapkan supaya dengan adanya sosialisasi yang diadakan DPMD Kotim tersebut, Kades dan Camat dapat belajar sehingga pelaksanaan CSR dapat lebih baik lagi kedepannya.

    “Harusnya kita belajar dengan daerah lain yang sukses dalam pengelolan dana CSRnya sehingga dapat mensejahterakan masyarakat baik dalam segi pendidikan, kesehatan maupun pembangunan. Jadi diharapkan adanya keselaran desa dan perusahaan dalam program CSR, supaya dapat tepat sasaran dan selaras dengan pembangunan desa yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) ataupun Dana Desa (DD),” tutupnya.

    (fzl/beritasampit.co.id)