Ini Pesan dan Harapan Bupati Katingan Sakariyas Kepada Organisasi Karang Taruna

    KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas berharap, kedepan organisasi kepemudaan Karang Taruna semakin mampu dan terus mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah dalam mengimplementasikan fungsi dan tanggung jawabnya.

    Disamping itu, lanjut Sakariyas mampu mendorong kesejahteraan pemberdayaan Kepemudaan dalam pendidikan dan pelatihan. Bupati Sakariyas menerangkan ‎apa yang telah disaksikan dan rasakan merupakan hasil implementasi dari tanggungjawab Karang Taruna selama ini.

    Meski demikian, masih banyak tanggungjawab dan pekerjaan rumah lainnya, terkait dari fungsi dan prinsip yang mestinya dapat dioptimalkan.

    Contohnya bagaimana Karang Taruna mampu mendorong kesejahteraan generasi muda melalui berbagai macam pendidikan dan pelatihan, pengembangan jiwa kemanusiaan, penguatan jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan, dimana hal tersebut merupakan fungsi pokok dari karang taruna itu sendiri.

    “Karang Taruna ini didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para generasi muda, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, keagamaan dan kesenian. Organisasi ini tentunya memiliki fungsi dan prinsip yang sangat strategis dalam pembangunan dan pemberdayaan generasi muda,” jelasnya.

    Selain itu Karang Taruna juga bertanggungjawab dalam memerangi apa yang namanya Narkoba dan obat-obat terlarang lainnya. Pasalnya bahaya narkoba ini sudah menjalan di masyarakat, pemuda maupun pelajar sampai ke pelosok desa.

    Karang Taruna ini menyambut baik, bisa membatu kegiatan masyarakat pemuda, pelajar, kalau karang taruna ini berbuat. Kita bisa mengurangi penyakit masyarakat. Kita ini darurat narkoba.

    Dirinya mewanti-wanti kepada masyrakat Katingan agar jangan sampai masyarakat terjerumus terhadap narkoba dan obat-obatan terlaran, terlebih peredaran obat PCC. “Kalau sampai ada PCC di Katingan banyak akan ada orang gila. Sasaran bandar-bandar ini anak muda generasi penerus kita seprti pelajar. Maka dari itu kita terus sosialisikan ini agar Katingan yang juga termasuk kabupaten tertinggi pengguna narkoba, dapat kita hentikan,” tegasnya.

    Sementara itu, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid sangat berterimaksih kepada pemerintah daerah Kabupaten Katingan yang telah memberikan dukungan kepada organisasi Kepemudaan khususnya Karang Taruna Kabupaten Katingan dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang positif.

    “‎‎Terimakasih kepada pemerintah kabupaten katingan telah memberikan dukungan kepada Karang Taruna. Sehingga harapan kami kedepan, karena Karang Taruna ini tidak hanya berada di tingkat kabupaten, tetapi lisensinya adalah berada di tingkat kelurahan dan desa,” terangnya.

    (ar/beritasampit.co.id)