Tenaga Kerja Lokal Perlu Dilatih dengan Skill Tertentu

    KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, mengharapkan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan, melalui dinas terkait dapat memberikan pelatihan dengan skill tertentu yang lebih intensif kepada warga penduduk lokal.

    Hal ini dikatakan Ketua Komisi C DPRD Seruyan, Muhtadin kepada wartawan, (16/11/2017). Karena ujar politisi Partai Gerindra ini, hingga saat ini apabila ada penerimaan atau perekrutan tenaga kerja khususnya pada setiap perusahaan (PBS) di wilayah Kabupaten Seruyan, yang memerlukan tenaga kerja dengan keterampilan khusus atau skill tertentu, maka selalu mendatangkan dari luar daerah.

    “Kebanyakan tenaga lokal hanya menempati posisi yang bagian lapangan dan buruh,” katanya. Sedangkan tenaga kerja dari luar daerah, banyak menempati posisi yang lebih tinggi dari itu. Sehingga, hal ini hendaknya bisa menjadi perhatian bersama, agar tenaga kerja lokal juga bisa menempati posisi yang lebih baik.

    “Pemda atau dinas terkait hendaknya bisa memperhatikan hal ini,” ujarnya. Menurut anggota dewan dari Dapil II ini, salah satu solusinya adalah dengan memberikan pelatihan untuk skill (ketrampilan atau keahlian) tertentu atau yang diperlukan perusahaan kepada tenaga kerja lokal yang ada.

    Sehingga, apabila ada perusahaan yang memerlukan tenaga kerja dengan keahlian tertentu, maka tenaga kerja lokal bisa diandalkan.

    “Kalau tenaga kerja lokal memiliki skill tertentu seperti yang diperlukan perusahaan, tentunya perusahaan tidak mungkin akan merekrut tenaga dari luar daerah kita,” terangnya.

    Untuk itu imbuhnya, hendaknya Pemda melalui dinas terkait bisa memprogramkan hal ini. Sehingga, tenaga lokal yang ada, tidak hanya sebagai buruh kasar maupun petugas lapangan saja.

    Namun, mereka juga bisa diterima untuk menempati posisi jabatan yang lebih tinggi. Karena, mereka sudah dibekali dengan keahlian atau skill tertentu yang bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar.

    “Kami yakin, dengan memiliki skill yang baik yang dilatih oleh tenaga ahlinya, maka mereka mampu dan siap untuk ditempatkan pada posisi jabatan yang sesuai dengan keahliannya,” tandasnya.

    (sti/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)