Bupati Katingan: Komitmen Bersama Layak Anak Ini Harus Dilaksanakan Dengan Penuh Tanggung Jawab

1226
FOTO:AR/BS - Bupati Katingan Sakariyas saat tanda tanggani komitmen bersama dalam rangka deklarasi menuju Kabupaten Layak Anak kabupaten katingan,di gedung salawah Kasongan, Senin ( 20/11/2017).

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas mengatakan bahwa dengan adanya deklarasi Kabupaten Katingan menuju kabupaten layak anak ‎akan siap membangun sebuah sistem pembangunan yang mengintegrasikan komitmen, sumberdaya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruhdan berkelanjutan dalam kebijakan.

“Begitu juga dengan program dan kegiatan pemenuhan hak-hak anak dengan mengacu pada 24 indikator pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak secara garis besar tercermin dalam lima klaster hak anak yakni, Hak sipil dan kebebasan, lingkungan ‎keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan. Kemudian pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan Kegiatan budaya serta perlindungan khusus,” ujar Bupati Sakariyas saat menyampaikan pidatonya dalam rangka deklarasi menuju Kabupaten Layak Anak Kabupaten katingan, di Gedung Salawah Kasongan, Senin ( 20/11/2017).

Baca Juga:   Dinsos dan BPBD Katingan Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran SDN 1 Baun Bango

Oleh Sebab itu, Bupati Sakariyas, mengharapkan komitmen dan kerjasama stakholder mulai dari seluruh perangkat daerah terkait dilingkungan pemerintah kabupaten katingan, masyarakat, dunia usaha, media massa, agar dapat berkoordinasi dan bekerjasama secara rutin untuk melaksanakan berbagai aktivitas kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak tersebut.

Sehingga komitmen bersama yang sudah dibuat dan akan kita tanda tanggani nota kesepahaman yang dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dengan rasa tanggungjawab.

“Pelaksanaan program kabupaten layak anak yang terpenting menurut saya, pelaksanaannya dimulai dari bagian terkecil yaitu keluarga sebagai pendidik pertama, dan utama harus bisa memberikan pemenuhuan hak-hak anak seperti pengasuhan, pengayoman, pendidikan dan pengajaran yang tepat. Sehingga kita dapat merencanakan keluarga yang berkualitas dengan baik yaitu sehat dan cerdas dan ini sesuai dengan visi kabupaten katingan cerdas sehat dan terbuka,” jelasnya.

Baca Juga:   Sulis Heri Akhirnya Dimintai Keterangannya

Dalam kesempat tersebut Bupati Sakariyas yang juga mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Katingan ini terimakasihnya kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Prof. Dr. Yohana Susana Yembise, Ph.D beserta rombongan dan gubernur kalimantan tengah hadir pada pelaksanaan deklarasi menuju Kabupaten Layak Anak kabupaten katingan.

(ar/beritasampit.co.id).