Tim Labfor Periksa Eks Mapolres kapuas, Ini Hasilnya !

    KUALA KAPUAS – Untuk mengetahui penyebab kebakaran Eks Mapolres Kapuas, Sabtu (25/11/2017) lalu, Tim Laboratorium dan Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya, bersama Tim Inafis Polda Kalteng, dan Satreskrim Polres Kapuas melakukan pemeriksaan di tempat kebakaran tersebut, Senin (27/11/2017).

    Pemeriksaan yang dipimpin Tim Labfor, AKBP Haryono, di dampingi Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar, Wakapolres Kompol Witdiardi, dan Kasat Reskrim AKP Iqbal Sengaji itu berlangsung kurang lebih 2,5 jam. Tampak di lapangan mereka memeriksa tingkat kerusakan, hingga titik sumber api berasal.

    “Dalam pemeriksaan tadi, yang terbakar parah di bagian belakang, dan disitulah usia apinya yang paling lama. Artinya bagian belakang terbakar terlebih dulu daripada bagian depan,” ungkap Haryono, usai pemeriksaan TKP, kepada wartawan.

    Lanjutnya, pada bagian belakang itu pihaknya kembali memeriksa, dan hasilnya di sisi barat itu menjadi titik api pertama. “Artinya titik api pertama di ruang-ruang antara ruang kosong, gudang,” ujarnya.

    Setelah itu, pihaknya mencari sumber panasnya. Yang ditemukan sumbernya dari kabel listrik, sedangkan panas dari kompor dan lain-lainnya tidak ada. Akhirnya kabel listrik dan abu bekas kebakaran ia ambil untuk diuji laboratorium.

    “Abu bekas kebakaran itu tujuannya untuk memeriksa apa kandungannya yang ada di situ, apakah karena percepatan api, nanti kita uji, apakah itu positif atau negatif. Kalau negatif, maka kami akan memeriksa ke kabel listrik bekas kebakaran. Kabel itu kita periksa apakah akibat terjalarnya api kebakaran, atau menjadi penyebabnya,” jelasnya.

    Mengenai kesimpulan, tambahnya, ia memohon waktu, karena pihaknya harus menggunakan alat laboratorium. (ps/beritasampit.co.id)