Satlinmas Desa Se-kecamatan Gunung Timang di Latih  

    Editor: A. Uga Gara

    MUARA TEWEH-Guna mewujudkan ketertiban dan keamanan di wilayah desa, Satuan Perlindungan Masyarakat ( Satlinmas) harus mampu bersinergi dengan pemerintah daerah.

    Demikian sambutan Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah saat membuka pendidikan dan pelatihan Satlinmas Desa se – Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara yang di adakan di Kandui ibu kota Kecamatan Gunung Timang, Rabu (6/12/2017).

    Menurut bupati, Satlinmas Desa merupakan masyarakat desa yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat, serta membantu tugas pemerintah dalam penanggulangan bencana khususnya diwilayah desa.

    “Kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan Satlinmas Desa diharapkan menjadi wadah bagi segenap peserta untuk memahami serta membekali pengetahuan dan keterampilan guna mendukung pemerintahan desa,” jelas bupati.

    Selain itu Bupati Barito Utara juga berharap, dengan terbentuknya Satlinmas untuk kedepannya dapat meningkatkan koordinasi pemerintah desa dengan tokoh masyarakat, RT/RW dan segenap elemen masyarakat yang ada terkait informasi, sinkronisasi dan sinegitas penyelenggaraan pengamanan.

    “Pada tahun 2018 akan dilaksanakan pemilihan umum kepala daerah dan pada 2019 akan diadakan Pileg dan Pilpres sehingga kita bersama mampu mengidentifikasi dan mengantisipasi secara dini gangguan dilingkungan masyarakat yang dapat memecah belah persatuan,” ucapnya.

    Dalam kesempatan itu Bupati di dampingi Wakil Bupati Barito Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara Asisten II, Asisten III Kepala Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Pemukiman Dan Perumahan, Kepala Dinas Komunikasi Informasi Dan Persandian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Beserta staf Kabupaten Barito Utara, ke kecamatan Gunung Timang. (shp/beritasampit.co.id)