Peduli Korban Kebakaran Puruk Cahu, Gerakan Solidaritas Bersama Pelajar dan Mahasiswa Kalteng Se-Indonesia Galang Dana

    Peristiwa kebakaran yang terjadi pada Rabu malam (27/12/2017) sekitar pukul 19.30 WIB, melanda kawasan padat penduduk dan perdagangan di Jalan Merdeka dan Jalan Sengaji Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

    Akibat kebakaran itu, sebanyak 65 kepala keluarga atau 172 jiwa kehilangan tempat tinggalnya dan diperkirakan menelan kerugian sebesar Rp 15,4 miliar.

    Demi meringankan korban kebakaran tersebut, Gerakan Solidaritas Bersama Pelajar dan Mahasiswa Kalteng Se-Indonesia melaksanakan penggalangan dana.

    “Gerakan ini lahir untuk ikut membantu keluarga kita di Puruk Cahu-Kalteng, dengan mengajak seluruh pelajar dan mahasiswa Kalteng se-Indonesia untuk ikut terlibat, untuk bersama membantu korban dengan menggalang dana di masing-masing daerah,” kata Asrari Puadi Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Kalteng – Yogyakarta (HPMKT-YK), Jumat (29/12/2017).

    Ditambahkan, bagi masyarakat yang ingin berbagi membantu meringankan sanak keluarga atau masyarakat yang terkena korban kebakaran tersebut dapat menyalurkan bantuan melalui platform online, dengan mengklik tautan berikut: kitabisa.com pedulipurukcahu atau dapat menghubungi +62 858-4523-0020 (AHMAD NABHANI) /+62822-5507-4639 (SITI).

    Pihaknya berharap melalui gerakan tersebut, akan semakin banyak yang akan terlibat didalamnya. Sebab, apa yang terjadi di Puruk Cahu juga menjadi permasalahan bersama. Terkhusus bagi yang anak rantau, agar menjadi momentum kita utk bersama-sama merapatkan barisan untuk peduli dengan kalteng, termasuk permasalahan yang sedang mendera provinsi kita.

    “Gerakan ini dinisiasi sebagai bentuk kepedulian pelajar dan mahasiswa Kalteng, terkhusus yang berada di rantau. Diinisiasi bersama beberapa organisasi yang menaungi pelajar dan mahasiswa Kalteng yang bersekolah di Jogja, Jakarta, Malang, Solo, Kalsel,” ungkapnya.

    Gerakan ini sendiri terdiri dari :
    -Himpunan Pelajar Mahasiswa Kalteng – Yogyakarta (HPMKT-YK)
    -Himpunan Pelajar Mahasiswa Murung Raya – Yogyakarta (HIPMAMURA)
    -Himpunan Pelajar Mahasiswa Kalteng – Malang Raya (HPMKT-Malang Raya)
    -Ikatan Mahasiswa Kalteng – Jakarta Raya (IMKA-JAYA)
    -Himpunan Mahasiswa Kalteng – Solo Raya (Hima Kalteng – Solo)
    -Himpunan Mahasiswa Kalteng – Kalimantan Selatan (Himka).

    “Kedepan insya Allah akan ada penggalangan dana langsung di beberapa daerah yang ikut dalam gerakan ini. Donasi yang kami himpun akan disalurkan secara langsung kepada korban yang akan dibantu oleh kawan-kawan Himpunan Pelajar Mahasiswa Murung Raya (Hipmamura) baik dalam bentuk cash atau bantuan materill lainnya,” cetusnya.

    (raf/beritasampit.co.id)