KALTENG WASPADA..!! Satu Warga Sukamara Suspek Difteri

    Editor: A. Uga Gara

    SUKAMARA – Sejak dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap penyakit difteri, masyarakat yang sakit dengan ciri-ciri menyerupai tersebut menjadi perhatian khusus Dinas Kesehatan Sukamara.

    Pada akhir Desember lalu tercatat satu orang warga Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara dinyatakan suspek difteri dan harus menjalani pemeriksaan.

    Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Sukamara, Benson Nababan mengatakan, saat ini pihaknya menunggu hasil pemeriksaan sample.

    “Kami masih menunggu hasil pemeriksaan dari Litbang sehingga belum bisa dipastikan positif atau negatif,” ujar Benson Nababan, Rabu (3/1/2018).

    Jelaskannya, penanganan terhadap suspek difteri berdasarkan Juknis Kementerian Kesehatan RI, bahwa seluruh radang yang ada disaluran pernafasan dinyatakan suspek difteri.

    “Jika radang disaluran pernafasan tersebut mengarah ke difteri maka harus cepat mendapat penanganan agar tidak menular, jelasnya.

    “Kalau hasilnya sudah keluar dan ternyata positif maka pasien suspek difteri ini akan kamu rujuk untuk mendapat penanganan lanjutan,” timpal Benson.

    Lebih lanjut dijelaskannya, difteri merupakan penyakit menular dan cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Karena jika ada satu orang positif difteri sudah dinyatakan sebagai KLB.

    “Karena di Sukamara belum pernah ada yang menderita difteri, sekarang ini kita masih menunggu uji sample,” pungkas Benson. (sya/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)