Bupati Kotim Bangga Durian Kotim Dibeli Masyarakat Luar Daerah Hingga Menjadi Produk Unggulan

    SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur, H. Supian Hadi mengunjungi lokasi jualan durian di Desa Luwuk Ranggan, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur.

    Lokasi tersebut, berada disepanjang jalan Cilik Riwut kurang lebih 100 meter. Nampak puluhan jenis buah-buahan dipasarkan diaera tersebut. Walaupun tempatmya sederhana, namun banyak masyarakat singgah untuk membeli aneka buah-buahan hasil kebun masyarakat setempat.

    Tak terkecuali, buah durian alias raja dari segala buah, dari tempat itu, nampak banyak bergantungan buah yang berada di pondok atau tempat jualan yang disediakan pedagang.

    Buah durian yang dijual ditempat ini, ada beberapa jenis, diantaranya durian otak udang, durian waluh dan durian mentega.

    Namun tidak hanya itu saja, buah-buahan hutan juga banyak seperti ratu buah manggis, buah ramania, rambai hutan, rambutan, tiwadak, humbut pekat, juga buah hutan lainnya.

    Dalam kesempatan itu, Supian Hadi mengaku banggga atas kabar bahwa durian asli Kotim dibeli oleh masyarakat lainnya. Namun dirinya kecewa jika durian asli Kotim ini diklaim oleh kabupaten lain seperti Kasongan Kabupaten Katingan.

    Hal itu berdasarkan pengakuan dari pedagang. Menurut Supian, hal ini tentu menjadi perhatiannya. Sebab, durian Kotim sudah memiliki khas unggulan yakni durian otak udang. Namun durian otak udang ada di jual di Kasongan dan Banjarmasin.

    “Ini bisa menjadi produk unggulan. Makanya nanti melalui anggota DPRD Kotim, pak Ali Natadilaga ini, bisa diusulkan tempat jualan buah-buahan yang bagus. Sehingga dapat menarik pengunjung lainnya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” terang Supian Hadi.

    (raf/beritasampit.co.id)