Karang Taruna Pemuda Desa Dorong Kesejahteraan Sosial Penangkal Peredaran Narkoba

    SAMPIT – Semangat para pemuda desa ingin terlibat aktif dalam mendorong pembangunan di desanya terlihat jelas ketika dilakukan rapat pembentukan pengurus Karang Taruna Desa Tanah Putih, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Selasa (23/1/2018).

    Melalui Karang Taruna pemuda desa, bertekad bersama-sama mendorong kesejahteraan sosial, menjadikan organisasi ini penangkal peredaran narkoba dengan menggalakkan kegiatan positif dan produktif.

    Dalam kunjungannya ke Desa Tanah Putih, Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah yang dihadiri langsung oleh Ketua Provinsi dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Kotim, memberikan penjelasan tentang Karang Taruna.

    Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Abdul Hafid, S.Pi mengatakan Karang Taruna adalah organisasi kemasyarakatan yang secara resmi diakui keberadaannya sebagai binaan pemerintah.

    Bahkan, kepengurusan Karang Taruna ditetapkan oleh pemimpin daerah atau wilayah sesuai tingkatan, mulai gubernur, bupati/wali kota, camat, lurah dan kepala desa. Banyak yang bisa diambil manfaat dari berkarang taruna. Apalagi penggerak Karang Taruna adalah peemuda desa itu sendiri.

    Seperti halnya kegiatan dibidang sosial, ekonomi serta pemberdayaan. Jadi tidak melulu dilakukan bidang olahraga dan hiburan saja. Selain itu, semua kepala desa diminta tidak ragu memberdayakan warga Karang Taruna untuk dapat bersinergi dengan aparatur pemerintah daerah setempat.

    “Karang Taruna berada di tingkat desa. Artinya jika ingin daerah atau desa nya maju, mari ber Karang Taruna. Jadi saya harapkan, Karang Taruna ini dapat dimanfaatkan oleh Pemuda Desa yang ada di desa masing-masing,” terang Abdul Hafid, disela kegiatan pembentukan Karang Taruna Desa Tanah Putih, (23/1/2018).

    Menurutnya sayang apabila banyak desa yang tidak mampu menyerap anggaran secara optimal karena alasan kurangnya sumber daya manusia. Padahal, kendala itu bisa diatasi dengan memberdayakan masyarakat, khususnya warga Karang Taruna yang memang mempunyai kompetensi untuk membantu pemerintah.

    “Kita ingin semua desa ini terbentuk Karang Taruna. Yang belum aktif segara diaktifkan kembali. Manfaatkan dan bersinergi dengan pihak desa. Maka Karang Taruna pemuda desa dapat membangun desanya melalui kerjasama yang baik denga pihak desa. Kepada Ketua Karang Taruna terpilih Desa Tanah Putih, kami ucapkan selamat. Segera dijalankan tugas dan fingsinya dengan baik,” ungkap Abdul Hafid.

    (raf/beritasampit.co.id)