Perkuat TIK: Wabup Kobar Bentuk RTIK

2373

Pangkalan Bun – Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Bapak Ahmadi Riansyah, mendukung hadirnya Relawan Teknologi Informasi komunikasi disingkat RTIK dan berharap segera terbentuk secepatnya, pada saat audiensi para penggiat IT diruang dinasnya, bersamaan kunjungan Ketua Relawan TIK Kalimantan Tengah, Sdr Agung Suryo Putra yang memaparkan latar belakang, tujuan dan manfaat serta tantangan organisasi RTIK didampingi Pejabat Dinas Kominfo Kotawaringin Barat (Kamis,1/2/2018).

Pembahasan diskusi yang berlangsung selama 45 menit menghasilkan beberapa point yang dirasa perlu untuk di tindak lanjuti menurut wakil Bupati, yaitu :

1. Manfaat RTIK untuk lebih bersinergi dengan program-program pemerintah melalui pembelajaran mulai di tingkat Birokrasi Pemerintah Daerah sampai ke desa-desa, dalam hal peningkatan sumber daya manusia (SDM) Teknologi Informasi.

Baca Juga:   Bupati Kobar Nurhidayah : "Kebinekaan Kita Sedang Diuji, Mari Kita Jaga Pancasila"

2. Dinas Kominfo sebagai simpul untuk bisa melaksanakan fungsi pemberdayaan Relawan TIK dengan memanfaatkan para penggiat IT di Kotawaringin Barat

3. Pembentukan Relawan TIK Kotawaringin barat dalam waktu dekat difasilitasi oleh Pemda dengan tujuan untuk segera bisa melaksanakan program-program membantu Pemerintah.

Sementara itu hal hal yang coba diangkat melalui diskusi adalah pengguna internet di Kotawaringin Barat dan sekitarnya yang dirasa perlu ditingkatkan ke arah yang lebih positif.

Menurut Kepala Seksi Kominfo Zeno H K, “Bahwa tidak adanya pemerataan harga belanja Bandwith internet di Pulau Jawa dan diluar pulau Jawa, yang dirasa perlu untuk diangkat menjadi isu nasional memperjuangkan hak-hak yang sama dalam pemerataan harga internet”.

Baca Juga:   Sebanyak 358 Unit Rumah di Kobar Dibedah

Dilain pihak Menurut salah seorang staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, K Subeta, “Pentingnya untuk bersinergi antara Pemerintah Desa dengan Komunitas berbasis IT karena keperluan mendesak peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam TIK”.

Di akhir diskusi terjadi sebuah komitmen diantara penggiat Relawan TIK Dengan Pemerintah Daerah untuk segera mewujudkan Kotawaringin Barat berbasis Teknologi Informatika, dengan memberdayakan masyarakat belajar bersama di bidang IT, semoga ini menjadi langkah maju demi memberikan manfaat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Kotawaringin Barat.

(AS/beritasampit.co.id)