Ribuan Peserta Ikuti Pawai Budaya Kirab Petak Danum

    KUALA KAPUAS – Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kapuas kembali menggelar Pawai Budaya Kirab Petak Danum, dengan mengambil tempat start di depan Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Sabtu (10/2/2018).

    Kali ini, pelaksanaan pawai yang dilepas langsung Bupati Kapuas, Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, sangat semarak, sebab peserta yang ikut berjumlah 5.241 orang terdiri dari 62 kelompok, baik dari SOPD, kecamatan, sekolah, perguruan tinggi, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, sanggar seni, komunitas, dan Paguyuban.

    “Saya bangga kepada masyarakat Kapuas yang begitu antusias mengikuti kegiatan pawai budaya. Saya meminta kepada seluruh masyarakat untuk terus bersemangat menggagas kegiatan seperti ini,” ujar Ben.

    Dirinya mengharapkan, agar kegiatan seperti ini selalu dilaksanakan setiap tahun. Sehingga, kata dia, kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta kepada budaya dan memperkuat tali silaturahmi.

    Sementara itu, Ketua DKD Kapuas, H Darwandie, mengungkapkan, bahwa pawai inj diikuti oleh 5.241 orang dari SOPD, Kecamatan, Sekolah, Perguruan Tinggi, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasyarakatan, Sanggar Seni, Komunitas, Grup dan Paguyuban di Kabupaten Kapuas dalam mensukseskan program Taheta (Tiada Hari Tanpa Aktivitas).

    “Peserta Pawai terdiri dan beberapa kriteria dan ketegori kelompok yakni 62 kelompok dengan total peserta terinventarisasi 5.241 orang, dan kegiatan ini berlangsung untuk mendukung suksesnya program tiada hari tanpa aktivitas di Kabupaten Kapuas,” tuturnya.

    Untuk diketahui, dalam kegiatan itu Bupati Kapuas diarak keliling kota dengan rute dari Rujab menuju bundaran Raja Bunu untuk melangsungkan puncak acara dengan ritual penerimaan Petak Danum dari 17 kecamatan .

    Turut hadir Ketua DPRD Kapuas, Algrin Gasan, Forkompomda, Sekda Kapuas, Kepala SOPD di lingkup Kabupaten Kapuas, Ketua Dewan Adat Dayak Kapuas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan mantir adat.

    (irfan/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)