Resmi Dilantik, Pengurus Karang Taruna Batara Rapatkan Barisan Menunju Desa Berdaya Saing

    MUARA TEWEH – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Barito Utara (Batara), resmi dikukuhkan Asisten III Sekda H. Fauzul Risma SH, di Water Front City Muara Teweh, Senin (12/2). Pelantikan berlangsung di arena terbuka ini dihadiri pengurus provinsi, pejabat daerah hingga kepala desa.

    Pengurus baru Karang Taruna Barito Utara masa bakti 2018-2023 di nahkodai oleh Roby Cahyadi. Sebelum dilantik, pengurus ini berjanji mempertahakan anugerah yang telah diberikan oleh Menteri Sosial Idrus Marham, belum lama ini di Bali.

    Selain itu, program dalam dekat yang akan dilakukan adalah konsolidasi untuk pembentukan dan peningkatan sumber daya manusia di desa yang ada di Kabupaten Barito Utara. “Kita akan rapatkan barisan menuju desa yang berdaya saing. Pemuda desa melalui Karang Taruna merupakan ujung tombak pembangunan. Dengan begitu daerah kita akan maju,” ungkap Roby Cahyadi.

    Bersamaan dengan itu, Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah, Abdul Hafid, S.Pi menegatakan, ada dua Bupati di Kalteng yang mendapatkan penghargaan pembina umum Karang Taruna terbaik 2017.

    Salah satunya Bupati Batara, H. Nadalsyah karena dianggap figur yang mampu menjadi pembina dalam membangun kemitraan dengan pengurus Karang Taruna.

    “Khususnya dari segi koordinasi, kerjasama program, peningkatan kapasitas, komunikasi, dukungan moril dan materil,” ulasnya. Hafid mengharapkan, agar semua daerah di Kalteng melakuka hal yang sama. Sehingga, semua warga Karang Taruna, khususnya pemuda desa di Kalteng dapat bersaing.

    “Jadi dala hal ini, kita terus bangun sinergi. Pemuda desa mari bangkit melalui Karang Taruna. Datangi desa, bentuk Karang Taruna. Jika belum paham, koordinasi dengan Karang Taruna Kecamatan atau Kabupaten atau bisa juga cari di google bagaiaman mekanismenya membentuk Karang Taruna. Zaman sudah maju, mari kita membangun Karang Taruna di semua desa,” ungkap Hafid.

    Sementara itu, Sekda Batara, Ir. H. Jainal Abidin, MAP melalui Asisten III, H Fauzul Risma mengatakan, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial untuk Masyarakat.

    “Pada gilirannya dapat membina generasi muda secara efektif dan efesien. Terutama dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial,” ujar Fauzul Risma didepan ratusan undangan yang memadati lokasi pelantikan. Sementara itu, pelantikan pengurus Karang Taruna ini juga dilaksanakan secara bersamaan dengan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat Batara.

    (hdi/beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)