Kegiatan Budaya Bakal Meriahkan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke- 212

    KUALA KAPUAS – Untuk memeriahkan hari jadi Kota Kuala Kapuas ke- 212, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas ke- 67, Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas bakal menggelar sejumlah kegiatan budaya lokal.

    Demikian diungkapkan Kepala Disbudpora Kapuas, Drs Tatang Lesmana, kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Selasa (13/3/2018).

    “Dalam rangka hari jadi Kota Kuala Kapuas dan Pemkab Kapuas, kita akan mengadakan kegiatan budaya. Pertama festival budaya, yaitu lomba tari, lomba karungut, dan pemilihan putra-putri pariwisata. Ini dilaksanakan pada tanggal 13-15 Maret,” ujarnya.

    Kemudian, lanjut Tatang, pada tanggal 18 Maret 2018 akan dilakukan kegiatan ritual Balian, dan Mamapas Lewu pada 20 Maret 2018.

    “Nah untuk puncaknya, yaitu tanggal 21 Maret, akan dilakukan Laluhan Perang Suli, nanti start di Betang Sei Pasah dan finisih di Pelabuhan Danau Mare. Kemudian Ngarunya, diikuti Bupati Kapuas dan FKPD,” terangnya.

    Ditambahkan Tatang, untuk lomba tari sudah ada 16 sanggar tari yang mendaftar, sedangkan lomba karungut sudah ada 29 orang.

    “Kita berharap, pada peringatan hari jadi yang berlangsung sederhana ini tidak mengurangi maknanya dari peringatan itu sendiri,” tukasnya.

    (irfan/beritasampit.co.id)