Peringati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke- 212, Pemkab Gelar Sejumlah Kegiatan

    KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas bakal menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke- 212, dan Pemerintah Kabupaten Kapuas ke- 67. Untuk kegiatanya, pada tahun ini hanya berlangsung sederhana, tidak semeriah tahun sebelumnya.

    Meski berlangsung sederhana, namun tidak mengurangi makna dari peringatan itu sendiri.

    Ketua Panitia Peringatan, H Suparman, mengatakan, kegiatan puncak Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan Pemkab Kapuas tahun ini diselenggarakan pada tanggal 21 Maret 2018.

    “Berdasarkan hasi rapat, kegiatannya yaitu upacara apel peringatan yang dilaksanakan di Stadion Panunjung Tarung. Kedua, kegiatan Laluhan, Mamapas Lewu, dan Ngarunya. Untuk Ngaruna dilaksanakan di depan rujab, setelah kegiatan upacara,” ujarnya, kepada sejumlah awak media, Rabu (14/3/2018).

    Lanjut Suparman, di sela-sela itu kegiatan itu ada festival budaya yang di gelar di Gedung Kesenian Gandang Garantung oleh Disbudpora Kapuas. “Nah untuk kegiatan lainnya, seperti hiburan mendatangkan artis tidak ada,” ucap Kepala Disdagperinkop dan UKM Kapuas ini.

    Ditanya kenapa tidak ada kegiatan tambahan seperti hiburan rakyat? Ia mengatakan, karena peringatan hari jadi ini berbarengan dengan momen tahapan Pilkada Kapuas, dan Kalteng Expo yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas.

    “Ini kan bersamaan dengan tahapan Pilkada, jadi kita ingin menjaga situasi yang aman, kondusif, dan terkendali dalam mendukung demokarasi,” ungkapnya.

    Ditambahkannya, meski pada peringatan tahun ini berlangsung sederhana, namun tidak mengurangi nilai dan makna peringatan itu sendiri.

    “Melalu peringatan ini dapat menambah nilai-nilai rasa persatuan, kesatuan, kebangsaan, solidiritas, kerukunan antar umat beragama yang sudah kondusif ini. Semoga nanti berjalan aman, kondusif, dan terkendali,” ucapnya, seraya menyebutkan bahwa peringatan ini sebagai bentuk menghargai para pejuang dulu yang memperjuangkan Kapuas.

    (irfan/beritasampit.co.id)