Gunakan DD Secara Bijak

    KUALA KAPUAS – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, H Darwandie, mengharapkan para kepala desa yang ada di Kabupaten Kapuas dapat bijak dalam pemanfaatan anggaran desa, dan tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat desa.

    Demikian diungkapkannya, kepada sejumlah awak media, di Kantor DPRD Kapuas, belum lama ini.

    Dirinya mengatakan, bahwa saat ini pembangunan desa menjadi perhatian pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan besarnya anggaran yang dikucurkan untuk semua desa, khususnya di Kabupaten Kapuas melalui ADD dan DD.

    Sehingga, sambung politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, adanya DD dan ADD jangan sampai diabaikan begitu saja, tetapi benar-benar dimanfaatkan agar kemajuan perdesaan tidak kalah dengan di kota. Terutama fasilitas umum untuk menunjang kegiatan masyarakat di desa.

    “Sarana dan prasarana di desa yang belum memadai agar bisa menjadi program kegiatan. Dilihat sisi kebutuhan yang ada di desa, itu tidak terlalu sulit asalkan kades dan masyarakat bisa melakukan musyawarah untuk memutuskan hal itu,” ucapnya.

    Lanjut Darwandie, ia mengingatkan kades dalam mengelola anggaran desa itu juga memperhatikan segi kehati-hatian dalam perencanaan, pelaksanaan serta administrasi. Jika diperlukan bisa dilakukan konsultasi dengan pihak-pihak yang berkompeten.

    “Kami juga mengharapkan dan terus mengingatkan agar para Kades berhati-hati dalam pengunaan anggaran desa dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait agar tidak terjadi masalah di kemudian hari,” pungkas wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) III ini.

    (irfan/beritasampit.co.id)