PLN Rayon Kuala Pembuang Tambah Daya 4 MW

    KUALA PEMBUANG – Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara Rayon Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menambah mesin pembangkit dengan kapasitas daya 4 megawatt (MW) untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah tersebut.

    “Ada empat unit mesin pembangkit baru yang sudah terpasang, dan saat ini masih dalam tahap pengujian,” kata Manajer PLN Rayon Kuala Pembuang Akhyar Rifani di Kuala Pembuang, Kamis (5/4/18).

    Ia mengatakan, dengan dioperasikannya empat unit mesin pembangkit yang masing-masing memiliki kapasitas daya 1 megawatt akan menambah kapasitas daya keseluruhan PLN Kuala Pembuang menjadi 7,9 MW.

    Kemudian, dengan tambahan daya 4 MW tersebut, maka PLN dapat mengimbangi beban puncak pemakaian listrik di wilayah Kuala Pembuang dan sekitarnya sebesar 3,2 MW.

    Bahkan, dengan adanya penambahan daya itu, PLN Kuala Pembuang punya banyak kelebihan daya sehingga dapat terus melayani pemasangan baru dan tambah daya bagi masyarakat.

    “Jumlah pelanggan saat ini sebanyak 9.287 pelanggan dan masih bisa untuk terus ditambah,” katanya.

    Ia menambahkan, selain untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di wilayah Kuala Pembuang, penambahan daya itu juga dipersiapkan untuk memenuhi suplai listrik Pelabuhan Samudera Teluk Segintung yang rencananya akan dioperasionalkan pada 2019 mendatang.

    “Dengan adanya penambahan daya ini, kita siap menyuplai kebutuhan listrik untuk mendukung operasional Pelabuhan Segintung. Termasuk kebutuhan listrik masyarakat di yang ada di sekitar pelabuhan,” katanya.

    Saat ini pihak PLN masih terus bekerja untuk menyelesaikan pembangunan jaringan listrik sepanjang 20 kilometer lebih dari Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung.

    “Program pembangunan, khususnya untuk pemasangan tiang listrik menuju Pelabuhan Segintung sudah 80 persen. Begitu selesai pemasangan tiang tinggal pemasangan kabel saja,” katanya.

    (rdi/beritasampit.co.id)

    EDITOR: MAULANA KAWIT