Lampu Bertenaga Surya Dibagikan ke Daerah Belum Teraliri Listrik

    KUALA KAPUAS – Sebanyak tiga buah desa dan empat dusun yang berada di Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, mendapat bantuan 265 lampu rumah dan 20 lampu penerangan jalan umum bertenaga surya dari Philips Lighting Indonesia.

    Penyerahan bantuan lampu ke desa dan dusun yang belum teraliri listrik itu dilakukan secara simbolis di halaman Kantor Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Selasa (10/4/2018).

    Turut hadir Pjs Bupati Kapuas, Ermal Subhan ST MT, Plt Kepala Dinas PUPRPKP Kapuas, Kepala CSR Philips, Camat Mantangai, dan undangan lainnya.

    Ermal mengatakan, pihaknya atas nama Pemkab Kapuas sangat mengapresiasi Philips beserta mitranya yang telah membantu lampu bertenaga surya ke sejumlah 3 desa dan 4 dusun di Kecamatan Mantangai yang belum teraliri listrik. Tidak lain niat atau tujuannya untuk membantu penerangan masyarakat.

    “Kita harapkan semua masyarakat di Kalimantan Tengah dapat terang benerang sesuai program Gubernur Kalimantan Tengah yaitu Kalteng Terang, termasuk juga di Kabupaten Kapuas dapat terang benerang,” ucapnya.

    Tambah Ermal, agar niat baik Philips ini tetap dapat terus berlanjut. Karena tanpa penerangan, ekonomi masyarakat juga menjadi susah. Selain jalan kebutuhan masyarakat, juga adalah penerangan.

    “Program penerangan Philips ini bagus karena sejalan dengan program Kalteng terang yang mana dalam lima tahun seluruh Kalteng diharapkan bisa terang,” ungkap Ermal.

    Sementara itu, Plt Kadis PUPRP Kapuas, Septedy, mengucapkan terima kasih atas bantuan lampu yang disampaikan oleh PT Philips.

    “Kami dalam hal ini Pemkab Kapuas juga telah mengadakan 20 tiang penerangan jalan tersebut,” ujarnya.

    Ditempat yang sama, Kepala CSR PT Philips, Lea, menerangkan, program ini merupakan salah satu program kampung terang hemat energi, berbasis tenaga surya.

    “Di Indonesia yang salah satunya diterapkan di Kabupaten Kapuas dengan harapan dapat mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

    Untuk diketahui, yang mendapat bantuan lampu ini adalah Desa Bukit Batu, Desa Tumbang Mangkutup, Desa Katunjung, Dusun Danau Rawah, Dusun Bukit Luwut, Dusun Tapian Sandah dan Dusun Danau Etet.

    (irfan/beritasampit.co.id)