Pjs Bupati Katingan Apresiasi Atas Keberhasilan Petani Desa Telok

    KASONGAN – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Katingan, Suhaemi menyambut baik atas kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi dan produktivitas padi di Kabupaten Katingan.

    Hal tersebut disampaikan saat menghadiri acara syukuran panen padi petani di desa Telok Kecamatan Katingan Tengah, minggu kemaren.

    Turut hadir saat panen padi tersebut Danrem 102 Panju Panjung yang diwakili oleh Kasi Teroteria Letkol Salim beserta stafnya, Kapolres Katingan AKBP Elisier Dharma Bahagia Ginting SIK, Asisten II Akhmad Rubama, kepala Dinas PUPRP Alyono, Camat Katingan Tengah Hariawan, kades Telok, para tokoh agama, pemuka adat dan tokoh masyarakat serta kepada UPTD Pertanian setempat.

    Pjs Bupati Katingan Suhaemi dalam sambutannya menyambut baik dan turut bergembira serta bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa atas diselenggarakannya syukuran panen padi petani pada pagi itu.

    “Karena, berhasil mengelola lahan pertaniannya dengan baik,” kata Suhaemi.

    Hal ini menurutnya sangat patut untuk diapresiasi. Karena, telah memberikan kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi dan produktivitas padi di Kabupaten Katingan.

    “Kepada kepala UPTD, penyuluh, mitra tani dan pengamat hama serta Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan yang telah mensuport sepenuhnya juga sangat saya apresiasi,” ujar mantan kepala Badan PMD dan PTSP Katingan ini.

    Selanjutnya, dia juga menyebutkan bahwa Pemerintah Indonesia, melalui Presidennya Joko Widodo telah menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional yang dilaksanakan guna mewujudkkan swasembada pangan.

    Hal ini tentunya sangat sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Katingan, yakni Katingan Cerdas, Sehat dan Terbuka.

    “Untuk itulah, sudah semestinya untuk menjadi sehat perlu dukungan kecukupan pangan,” jelasnya.

    Sedangkan kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan mengatakan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan di desa Telok tersebut, selain melihat secara langsung di lapangan tentang pemamfaatan kegiatan cetak sawah dan pengembangan lahan rawa/gambut tahun 2017 di desa Telok oleh kelompok tani Tekat keluarga dengan luas 100 hektare dan melihat langsung produktivitas dalam kuintal perhaktare.

    Hal itu juga memberikan penerapan teknologi penggunaan bantuan alsintan dan sarana produksi dari Pemerintah serta memberikan motivasi kepada kelompok tani untuk selalu meningkatkan produksi dan produktivitas padi sebagai kontribusi terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Katingan.

    Adapun sejumlah bantuan alsintan dari APBN yang sudah diserahkan kepada kelompok tani di kecamatan Katingan Tengah, diantaranya 3 unit Cultivator, 1 unit Combine Crown, 2 unit Combine Havester Kubota, 3 unit Combine Havester Maxxi padi dan1 unit Combine Havester YH.

    Kemudian, 1 unit Backhoe loader, 42 unit Pompa Air Niagara, 10 unit Pompa Air Honda, 2 unit Rice Transplanter, 300 unit Nursary Tray, 200 unit Sedking Tray, 27 unit Hand Tracktor Yanmar, 18 unit Hand Tracktor Quick dan 2 unit Zonder Isei.

    “Sedangkan bantuan alsintan yang bersal dari APBD Provensi Kalimantan Tengah, 13 unit Handsprayer Solo,” sebut Hendri.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR: MAULANA KAWIT