Peringati Hari Kartini, P3MD Pulpis Dorong Peran Perempuan dalam Pembangunan Desa

    PULANG PISAU – Puluhan Masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan Sosialisasi Dana Desa Tahun 2018. Kegiatan ini berlangsung di kantor Desa Mantaren II Kamis (18/04/2018).

    Kegiatan ini merupakan agenda yang sengaja di rencakan P3MD Pulang pisau untuk memberikan informasi penting terkait pemanfaatan dana desa. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk memperingati hari kartini Kegiatan yang diselengarai oleh tim Tenaga Ahli (TA), Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) ini sebenarnya ingin mengajak kaum perempuan berperan aktif dalam pembangunan di desa, khususnya aktif menyampaikan masukan usulan dan kritik dan saran ketika dilaksanakannya musyawarah desa.

    Menurut Tenaga Ahli Partisipasi Pembangunan (TA PP) P3MD Dewi Ratna Juwita mengatakan bahwa beberapa bentuk peran perempuan dalam perencanaan, penganggaran desa yang perlu diperkuat adalah keterlibatan pada kegiatan-kegiatan musyawarah di desa.

    “Keterlibatan perempuan dalam perencanaan penganggaran desa dapat melalui forum/pertemuan warga seperti rapat RT/RW, atau pertemuan PKK. Warga juga harus aktif mengakses informasi, memantau pengawasan pelaksVanaan pembangunan di desa”, tuturnya Dewi.

    Tambahnya, secara formal perempuan merupakan salah satu unsur masyarakat yang harus diundang dalam musyawarah desa sesuai PP Nomor 43/2014, namun dalam praktinya perempuan masih mengalami berbagai hambatan untuk berpatisipasi, oleh karena itu penting sekali kami ingin membangun kesadaran perempuan di desa Mantaren II ini.

    “Tentunya dengan momentum hari kartini ini, saya berharap bisa menjadi pemacu dan penyemangat kaum perempuan untuk menunjukkan eksistensinya,” ujar Dewi.

    Pada kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Inprastuktur Desa (TA ID) Eny triastuti menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat terkait Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2018 (Permendes No. 19 Tahun 2017) yang mengatur secara detail tentang prioritas dana desa Tahun 2018.

    Menurutnya, Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara jelas mengenai Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2018, maka dipandang perlu Tim Tenaga Ahli P3MD dalam hal ini menyampaikannya kepada masyarakat khusunya kepada kaum perempuan yang cendrung kurang terlibat dalam proses pembangunan.

    “Keterlibatan seluruh elemen masyarakat, termasuk keelompok perempuan penting dalam pembangunan desa, oleh karna itu kami selalu mengingatkan kepada masyarakat dan pemdes agar dapat melakukan mekanisme dengan baik, terlebih dalam penetapan prioritas penggunaan dana desa sesuai dengan peraturannya,” jelas Eny.

    Selain itu, Bahrianoor selaku Koordinator P3MD kabupaten Pulang pisau merasa senang karna telah terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan disambut antusias oleh masyarakat.

    “Kegiatan ini memang menjadi agenda kami untuk memberikan edukasi dan akses informasi pada masyarakat. Tentunya dengan monetum hari kartini ini kami ingin memicu kembali semangat kaum perempuan agar dapat berperan aktif sehingga memiliki posisi strategis dalam proses pembangunan di desa,” Tutupnya.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id)