Kaum Hawa Sama Haknya Dengan Kaum Adam

    KASONGAN – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie mengatakan, bahwa hak kaum hawa sama dengan kaum adam.

    Maka dihari peringatan Kartini ke 139 ini, menurutnya memberikan penguatan dan motivasi bagi wanita-wanita dalam berkarya. Selain itu, Kartini pun sedikitnya membangun karakter bagi para perempuan atau kaum hawa.

    Salah satunya, menjadi wanita yang taat dalam keluarga, menjadi wanita yang tanggung jawab dalam memperjuangkan wanita untuk berkarya, dan menjadi wanita yang berdedikasi dalam menaati menghargai dan mengembangkan budaya dan peradaban bangsa.

    Meskipun haknya sama dengan kaum adam, namun dirinya berharap kepada kaum hawa agar menyadari pula dengan batas-batas hak dimaksud. Maksudnya, jika kaum adam menuntut ilmu sampai ke perguruan tinggi maka kaum hawa pun juga tidak dilarang. Kemudian, kalau kaum adam bisa menjadi kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), maka kaum hawa juga bisa. Termasuk juga menjadi kepala daerah dan pimpinan di Legeslatif.

    “Tapi, jika diberikan kedudukan sebagai pimpinan, direktur atau pun kepala SOPD, saya minta kaum hawa tidak melupakan posisinya sebagai ibu rumah tangga di dalam keluarga,” terang belum lama ini.

    Dari sisi persamaan hak dimaksud, dirinya juga meminta kepada kaum hawa agar menyadari pula dengan kodratnya. Maksudnya, kalau kaum hawa ingin menyamai pekerjaan yang dimiliki kaum adam boleh-boleh saja, namun jangan sampai melanggar kondrat. “Artinya, jangan sampai mengerjakan pekerjaan kaum adam yang tidak sepantasnya dikerjakan oleh kaum hawa,” ingatnya.

    Terkait dengan persamaan hak dimaksud, dalam waktu yang tidak beberapa lama lagi dirinya berjanji untuk mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Keseteraan Gender, yang saat ini masih dikaji bersama Universitas Palangkaraya (Unpar) di Palangka Raya, dan di dalam Raperda tersebut akan mengatur beberapa buah aturan yang berkaitan dengan persamaan hak dimaksud.

    Ditanya tentang persamaan hak dimaksud, khusus untuk di Kabupaten berjuluk bumi Peyang Hinje Simpei ini, menurutnya kian tahun sudah semakin membaik. Salah satu contohnya adalah kedudukan di legeslatif atau di DPRD Kabupaten Katingan, yaitu dari 25 orang anggota DPRD Kabupaten Katingan, kini sebanyak 6 orang kaum hawa mendudukinya.

    “Artinya, kaum hawa yang menduduki anggota DPRD Kabupaten Katingan saat ini sudah 30 persen,” sebut legislator Partai Gerindra ini, seraya menyebutkan nama-nama anggota DPRD Kabupaten Katingan, diantaranya, dirinya sendiri, Dahlia, Realita dan Wiwik.

    Kemudian akan ditambah lagi dengan 2 orang Pengganti Antar Waktu (PAW) yakni H Rusdiana dan Sunartie Duwel Rawing, yang yang akan dilantik Selasa (24/4).

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR: MAULANA KAWIT