Pelaksanaan UNBK di SMPN 3 Sukamara Sempat Terganggu Jaringan

    SUKAMARA – Pelaksanaan UNBK hari pertama di SMPN 3 Sukamara terkendala server yang tidak konek dengan jaringan dan justru terputus, sehingga mengganggu jalannya ujian.

    Hal itu terungkap saat Sekda Sukamara, Sutrisno mengunjungi SMPN 3 Sukamara untuk memantau jalannya UNBK di sekolah tersebut.

    Menurut Sutrisno, kendala konektifitas server diluar dugaan panitia UNBK, pasalnya pada Sabtu (21/4/2018) lalu telah dilakukan gladi resik.

    “Sebenarnya untuk UNBK ini sudah kita siapkan jauh-jauh hari, baik sarananya, SDM-nya maupun siswanya untuk mengoperasionalkan alat-alat itu dan itu sudah beres bahkan Sabtu lalu juga gladi bersih tapi rupanya pagi ini ada yang tidak konek diservernya,” terang Sutrisno usai memastikan kendala apa yang terjadi di SMPN 3 Sukamara saat UNBK berlangsung, Senin (23/4/2018).

    Sutrisno memerangkan, bahwa pihak panitia telah menghubungi bagian admin UNBK untuk memperbaiki server agar dapat terhubung kembali, sehingga siswa-siswa dapat mengerjakan UNBK.

    “Seandaikan tetap tidak konek solusinya adalah SMPN 3 Sukamara bergabung servernya dengan yang ada di SMAN 1 Sukamara atau server yang ada di SMPN 1 Sukamara,” jelas Sutrisno.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara, Ilham Massora mengatakan bahwa untuk sesi pertama UNKB di SMPN 3 Sukamara terdapat kendala yang kemungkinan disebabkan kondisi alam dimana hujan menguyur Sukamara sejak pagi hari.

    “Itu yang mungkin menyebabkan tidak koneknya server, namun kita sudah antisipasi kalau memang tidak bisa dilaksanakan di SMPN 3 maka bisa mengikuti di SMPN 1 atau SMAN 1,” tukas Ilham.

    (enn/beritasampit.co.id)